Jangan Malu

Waktu kecil dulu, saya sering diberi wejangan sama nenek saya yang intinya harus banyak malu dan jangan congkak. Karena kata nenek malu itu merupakan bagian dari Iman. Ya, sangat sangat mengerti maksud wejangan tersebut dan hingga kini saya masih mengingat dan menerapkannya.

Yang saya tangkap dari wejangan tersebut adalah bahwa dalam hidup kita harus memelihara rasa malu, malu untuk berbuat salah, malu untuk berbuat dosa, malu untuk berbohong, malu untuk menyakiti orang lain, malu untuk meninggalkan kewajiban beribadah, malu jika tidak menepati janji dan lain-lain.

Menurut saya kenapa banyak sekali terjadi kejahatan, baik korupsi, perampokan atau kejahatan-kejahatan lainnya, ya salah satunya karena sudah tidak ada lagi rasa malu pada diri orang yang berbuat tersebut. Bahkan ketika mereka diberitakan atau diekspos media tentang kejahatannya mereka tersenyum tanpa menunjukkan rasa malu apalagi penyesalan.

Peliharalah rasa malu, maka kamu akan selamat. Selamat Dunia dan akhirat. Namun demikian sebagai seorang yang beriman jangan juga kita malu untuk berbuat kebaikan dan kebajikan. Jangan malu untuk bersedekah, jangan malu untuk shalat, jangan malu untuk berpuasa dan jangan malu untuk berbuat baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s