Membentuk Kebiasaan

Ada Pepatah yang pernah saya baca didinding ruangan perusahaan farmasi saat saya interview tahun 2010 yang lalu dan kembali teringat saat kemarin ada temen saya nge-tag saya di statusnya. Pepatahnya seperti ini: “Bentuklah kebiasaan, maka kebiasaan itu yang nanti akan membentukmu”.Luar biasa! Pepatah ini sangat mengena, sangat aplikatif.

Membentuk kebiasaan bukanlah perkara gampang, perlu kemauan dan perlu kegigihan untuk membentuknya. Misalkan ingin bisa atau ingin terbiasa bangun pagi jam o4.00. Bagi yang sudah terbiasa bangun jam 04.00 itu hal biasa, bagi yang ingin membiasakan pasti sangat menyusahkan, pasti sangat menyiksa harus mengurangi waktu tidur.

Harus melek saat enak-enaknya tidur, harus bangun saat orang lain ngorok dan berkumul dengan selimut. Tapi jika kita memiliki niat untuk itu dan memaksakannya maka dalam waktu paling lama 1 bulan kita akan bisa terbiasa.

Setelah terbiasa maka tahap selanjutnya kita tinggal menikmati saja, bangun dipagi buta pun mata tidak akan sepet dan tidak akan mengantuk disiang hari. itu salah satu contohnya.

Jika kita terbiasa berbuat baik, maka kebaikan akan selalu berbuat baik. Jika kita terbiasa bersedekah maka kita akan senantiasa menyisihkan sebagian rejeki untuk bersedekah. Jika kita terbiasa berpikiran positif maka yang ada dalam pikiran kita adalah hal-hal positif dan kebaikan.

Jika kita terbiasa bekerja dengan baik, dengan atau tanpa pengawasan maka kita akan menjadi orang yang memiliki integritas.

Begitu juga sebaliknya, jika kita terbiasa berbohong maka hari-hari kita akan dipenuhi dengan kebohongan, jika kita terbiasa berbuat jahat maka kita akan merasa biasa saja saat berbuat jahat atau jelek. Jika kita terbiasa berpikir negatif maka pola pikir kita akan selalu negatif dan negatif.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s