Banyak Merasa

Manusia adalah mahluk yang diciptakan dengan sempurna, selain fisik, akal dan pikiran manusia juga dilengkapi dengan rasa. Jika perasaan kita lembut, atau lemah lembut maka dapat dipastikan bahwa tingkah laku akan terarah dan baik begitu juga sebaliknya.Memiliki perasaan itu sangatlah baik dan sunatullah.

Perasaan dan merasa sangat berbeda, merasa itu menganggap seolah-olah diri kita begini begitu. Dan biasanya hanya dilihat dari satu sisi, sisi keakuan. Seperti merasa hebat, merasa pinter, merasa jago, merasa beriman dan lain sebagainya.

Orang yang merasa hebat biasanya sering menyepelekan orang lain, menganggap dirinya yang paling segala. Orang yang merasa pinter sering menganggap orang lain bodoh dan hanya dia yang pinter. Orang yang merasa kaya sering merasa dirinya yang kaya hidup modis dari hasil ngutang dan lain sebagainya.

Wajarkan jika kita banyak merasa?

Saya secara pribadi menganggap terlalu banyak merasa itu tidak atau kurang baik. Baik merasa wah maupun merasa rendah. yang baik itu Sedang-sedang saja.

Lalu bagaimana supaya kita tidak terlalu banyak merasa?

Menurut saya ada beberapa cara untuk menghindari diri kita dari banyak merasa :

  1. Bergaulah dengan orang-orang yang lebih dari kita dan jangan lupa bergaul dengan orang tidak seberuntung kita. Kenapa? Karena dengan demikian kita akan seimbang dalam memandang diri kita. Tidak akan menjadi sombong ketika bersama orang yang kurang seberuntung kita dan juga tidak akan minder saat berada disekitar orang yang lebih hebat dari kita. Hal ini karena pergaulan kita balance, kita bisa melihat keatas dan kebawah.
  2. Perbanyak ilmu kita. Baik ilmu agama maupun pengetahuan umum, semuanya penting untuk membuat kita lebih matang dan tidak bijak dalam bersikap. Percayalah bahwa ilmu itu akan sangat bermanfaat dalam merubah sikap, mindset dan pola hidup kita.

Sekarang, kebetulan sudah masuk waktu ashar. Mari kita shalat dan setelah itu mari kita merenung sejenak apakah diri kita sudah sehat dari penyakit merasa? Jika ternyata belum, mari kita bersama-sama perbaiki diri.

Salam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s