Dalam dua minggu ini saya mendapat kabar tentang kematian, Inalillahi wa Ina’ilaihi roji’un… Semua mahluk berasal dari-Nya dan akan kembali hanya kepada-Nya. Inilah kehidupan, semua yang hidup pasti akan merasakan yang namanya mati. Allah SWT Berfirman dalam Al-Qur’an Surat Ali Imron  ayat 185.

كل نفس ذائقة الموت  (Setiap makhluk hidup pasti akan mati).

Hmmm…dari ayat diatas jelas sekali bahwa kita semua akan mati pada akhirnya, cepat atau lambat. Tidak kenal usia, tidak kenal waktu dan tempat, tidak peduli bagaimana cara kita mati nantinya. Semuanya masih misteri dan hanya Allah SWT saja yang tahu.

Jika kita mencoba merenung betapa sebenarnya setiap saat kita ini diintai oleh kematian, namun banyak yang diantara kita yang acuh dan lalai dari mengingatnya, sehingga kita hidup semaunya dan tanpa terkontrol.

Memang benar Allah SWT tidak menyuruh kita melulu mengingat mati sehingga kita meninggalkan kewajiban kita atas hidup kita, namun secara luar biasa Allah SWT telah membuat aturan yang jelas dan tegas tentang aturan dalam menjalani hidup sehingga ketika kelak kita mati kita tidak akan menyesal.

Yang kudu diingat adalah bahwa kita hidup didunia ini hanya singgah, untuk mengumpulkan bekal hidup ditempat tujuan akhir kita yaitu akhirat. Itu Pasti!.

Lalu bekal apa yang sudah kita miliki? bekal apa yang sudah kita siapkan? Percayalah saya pun akan mati, termasuk anda. Dari itu mari kita persiapkan dengan sebaik-baiknya, bukankah dimasa pensiun hidup kita kelak kita ingin tinggal disyurga dengan striliun kenikmatannya?

Bukankah kita tak ingin saat kita kembali keharibaannya kita menjadi manusia yang menderita, manusia yang gagal? Mari benahi diri, benahi ahlak, perbaiki ibadah.

Salam…,

 

 

Advertisements