Filosofi Pohon Bambu

Pohon bambu bagi saya bukan hanya sekedar pohon bambu karena darinya kita bisa mengambil banyak pelajaran tentang kehidupan,

  1. Bambu tumbuh secara berkelompok, saya belum pernah menemukan pohon bambu yang hidup sebatang atau sendirian. Pohon ini pasti berkelompok.
  2. Memberi manfaat sejak tunas hingga mati. Ya, Pohon ini sejak tunas sudah bisa digunakan, tunasnya bisa dibuat sayur atau makanan yang lezat. Tunas bambu dalam basa sunda biasa disebut “iwung”. Pohon bambu yang muda bisa dijadikan ikatan pohon yang tua bisa digunakan sebagai pipa, bahan bangunan dan lain sebagainya. Sedangkan pohon bambu yang sudah mati masih bisa digunakan sama seperti tanaman bambu tua dan bisa dijadikan bahan bakar.
  3. Bambu bisa menjadi tanaman penghasil air. Tahukah anda bahwa banyak pohon bambu yang menyimpan air yang sangat segar disetiap bukunya.  Jika ada kehausan dihutan dan ,menemukan pohon bambu coba belah, biasanya didalamnya ada mengandung air.
  4. Akarnya menguatkan tanah, akar pohon bambu sangat kuat mencengkram dan membaut tanah yang ditinggalinya menjadi kuat dan terhindar dari ancaman longsor.
  5. Memberi keteduhan, ya tanaman bambu yang tumbuh secara berkoloni akan memberikan keteduhan bagi siapa saja yang hendak beteduh dibawahnya.
  6. Pohon yang kuat terhadap terpaan angin.

Itulah beberapa pelajaran yang saya coba pelajari dari tanaman bambu, semoga bermanfaat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s