Ahlaq dan Hijab

Hijab saat ini sedang menjadi tren didunia fashion tanah air dan sedikit demi sedikit merambah dunia, luar biasa.  Hijab atau Jilbab menjadi tren setelah banyak anak muda yang mulai mempadu padankan hijab dengan fashion yang up to date.

Menggunakan hijab bagi seorang muslimah selain merupakan fashion juga merupakan kewajiban sebagaimana yang tersurat dalam kitab suci Al-Qur’an yang artinya :

‘Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’ [Qs. al-Ahzab : 59].

Nah, dalam kehidupan kita sehari-hari sering kali kita melihat atau berinteraksi dengan perempuan yang berhijab namun ahlaqnya kurang bagus. Perilakunya sama sekali tidak mencerminkan hijab yang dipakainya. Apa yang salah?  Apakah hijabnya atau orangnya?

Ada orang berseloroh “ngapain pake jilbab kalo kelakuannya masih jelek atau ahlaknya tidak terpuji?”

Ah, ternyata masih banyak orang menyalahkan hijab bukan orangnya. Padahal jika kita mau jujur dan berpikir logis, hijab dan ahlak serta karakter seseorang itu sangat jauh berbeda.

Berjilbab atau berhijab itu murni perintah Allah SWT sebagaimana ayat diatas merata kepada semua perempuan baik yang berahlaq baik maupun yang berahlak buruk.

Sedangkan ahlak adalah budi pekerti yang bergantung pada pribadi masing-masing . Sehingga jika ada perempuan yang berjilbab/ berhijab namun memiliki ahlak yang buruk itu bukan karena jilbabnya namun murni karena karakter, ahlak dan sifatnya yang memang demikian adanya.

Demikian…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s