Berterima Kasihlah pada Penjahat

Hmmm….nulis apa ya? pertanyaan saya dalam hati, ah gak usah nulis dulu hari ini. Karena gak ada ide dan kerjaan sedikit menumpuk. Namun tiba-tiba secara tidak sengaja ada koran yang dikeluarkan dari ruangan atasan saya, saya pun membukanya pas kebetulan ada yang berisi tentang tindak kejahatan (rubrik kriminal).

Saya pun berpikir, hebat ya setiap hari selalu saja ada berita tentang kriminalitas, berita tentang kejahatan. Kejahatan dan kriminalitas menjadi salah satu headline news yang kerap mewarnai berita baik cetak maupun elektronik.

Saya pun berpikir apa jadinya jika didunia ini tidak ada penjahat, tidak ada kriminalitas. Pasti dunia ini akan sepi, akan hambar. Bukan berarti saya mendukungnya namun rasanya kebaikan dan keburukan, berbuat baik dan berbuat jahat adalah sunatullah, adalah ketetapannya.

Sama seperti pergantian siang dan malam, sama seperti malaikat dan iblis. Bayangkan jika tidak akan ada yang namanya polisi, tidak akan ada yang pengadilan, tidak ada yang namanya neraka, tidak akan ada yang namanya KPK dan lembaga penegak hukum lainnya.

Bayangkan akan ada banyak manusia yang menjadi pengangguran? Bayangkan akan ada berapa manusia yang tidak bekerja atau hanya melongo saja tidak mengerjakan apa-apa.

Dari itu, berterima kasihlah kepada penjahat. Allah SWT sangat sempurna menciptakan segala sesuatu, menciptakan dunia beserta isinya. Semuanya sudah diatur dan dibuat skenarionya dengan sempurna tanpa cacat.

Subhanllah, Allahu Akbar, bahkan penjahat sekalipun memiliki manfaat.

Salam.

Leave a Reply

