Ulah Ngaku Keok Samemeh Dipacok

Saat istirahat makan siang tadi, kebetulan ada pesawat yang lewat diatas rumah. Sambil menggendong anak, kembali saya teringat pada kebiasaan dulu di Kampung halaman tempat saya lahir dan dibesarkan.

Dulu, waktu kami masih duduk di bangku sekolah dasar setiap kali ada pesawat yang lewat pas kebetulan kami bermain biasanya kami berteriak, “Kapal Menta Duit”. Hmmm….betapa polosnya, betapa lucunya jika saya mengingat-ngingat masa-masa kecil dulu.

Dulu saya selalu berkhayal, kayak apa ya rasanya naik pesawat terbang, ada temen yang sering berceita konon kalo naik pesawat terbang itu serem, kalo nerobos awan kapal bakal berguncang hebat dan berbagai cerita lainnya khas anak kampung yang banyak khayalannya.

Tahun-tahun berlalu, kini alhamdulillah saya sudah merasakan banyak penerbangan dan rute penerbangan meski hanya sebagai penumpang saja.

Saya pun teringat, ketika dulu saya sama nenek saya setiap pulang sekolah pergi ke kebun nenek selalu bilang : “jadi lalaki ulah epes meer, ulah ngaku keok samemeh dipacok”

Pesan yang luar biasa, arti dari kalimat tersebut kurang lebih : ” Gak boleh cengeng, jangan ngaku kalah sebelum bertanding”.

Luar biasa, kalimat itu hingga saat ini menjadi salah satu pembakar semangat saya, menjadi penguat saya dan yang membuat saya tegar ketika berada jauh dari keluarga besar ketika merantau di negeri orang.

Pesan yang ingin sampaikan :

  1. Bermimpilah, dan jangan pernah malas untuk memperjuangkannya.
  2. Jangan cengeng, ketika kita memutuskan untuk merantau demi memperbaiki kehidupan, jalani saja!
  3. Ulah ngaku keok samemeh dipacok, Jangan mudah mengaku kalah sebelum bertanding. ya, jangan jadi pecundang, jadilah pejuang dan pemenang!

Leave a Reply

