Jangan Pernah Tahan HIP Anda

BANYAK orang malas untuk bolak balik ke toilet menyalurkan hasrat buang air kecil. Padahal, kebiasaan tersebut membahayakan kesehatan, salah satunya ancaman penyakit ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh, karena memiliki beberapa fungsi vital di dalam tubuh manusia. Hal ini seperti yang diungkapkan salah spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Menurut Dr.dr.H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, organ ginjal memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh, di antaranya dalam hal mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh dan menyaring serta membersihkan zat-zat metabolisme tubuh.

“Ginjal berfungsi untuk proses ekskresi, yaitu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh, kemudian juga menyaring dan membersihkan dari zat-zat sisa metabolisme tubuh,” ujar Dr.dr. H. Ari kepada Okezone melalui sambungan telefon, Selasa, 11 Juni 2013.

Selain mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh, Dr. Ari menambahkan bahwa ginjal juga berfungsi dalam menjaga keseimbangan jumlah cairan dan elektrolit di dalam darah.

Ketika keseimbangan antara cairan dan pembuangan tersebut terganggu, maka gangguan pada ginjal pun menghantui.Salah satu penyakit yang biasanya muncul ialah batu ginjal.

Dr. Ari mengatakan bahwa seseorang bisa menderita batu ginjal salah satunya karena kurang meminum air putih dalam sehari.

“Penyebab seseorang terkena penyakit ginjal di antaranya bisa dari kurang minum air putih yang disarankan adalah 8 gelas dalam sehari. Selain itu penyebab lainnya seseorang bisa terkena penyakit ginjal adalah suka menahan buang air kecil, sehingga terkena penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, mencegahnya bisa dengan minum air putih 8 gelas sehari dan jangan suka menahan buang air kecil,” tandasnya.

Dengan mengasup air putih sesuai takaran yang disarankan, kebutuhan cairah di tubuh pun akan terpenuhi dan keseimbangan di ginjal dapat berjalan lancar. Karenanya, Anda pun perlu mewaspadai ketika terjadi gejala-gejala yang tak biasa dalam keseharian. Hal itu bisa menjadi pertanda jika Anda mengalami batu ginjal dimana ditandai dengan air seni yang berubah warna.

“Gejala awal dari seseorang yang menderita batu ginjal ialah pasien merasa air seninya berwarna merah dan pegal-pegal di pinggang,”tutupnya.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s