Cara Menghindari Email Spam

Anda menerima email dengan alamat yang tidak jelas datangnya dan hampir setiap hari, berarti Anda mendapatkan email spam.

Lalu, apa sebenarnya spam itu? Spam adalah email junk yang sifatnya berisi hal komersil, misalnya penawaran barang, jasa, atau menawarkan sesuatu yang menarik. Terkadang kita juga tidak bisa membedakan mana email yang sifatnya spam dan mana yang bukan. Akibatnya, waktu kita terbuang percuma untuk membaca satu per satu email yang masuk.

Lalu bagaimana membedakan email yang spam dan mana yang bukan? Untuk membedakannya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Beberapa layanan email memiliki fasilitas khusus untuk memfilter email yang sifatnya spam, biasanya email spam akan masuk ke dalam direktori Bulk atau direktori Massal.
  2. Spam biasanya berisi penawaran barang, software, video, musik, atau konten berbau pornografi.
  3. si spam terkadang berisi sesuatu hal yang tidak kita lakukan, misalnya Anda adalah pemenang undian (lotere), padahal Anda belum pernah mengikutinya sama sekali
  4. .Spam biasanya berisi himbauan kepada Anda untuk mengisi identitas pribadi dan rahasia yang Anda miliki.
  5. Spam ada juga yang isinya menawarkan produk obat-obatan atau kesehatan. Misalnya saja, cara meninggikan badan secara cepat atau menurunkan berat badan secara cepat.
  6. Spam sifatnya tidak merusak, tetapi membuat Anda tidak nyaman.
  7. Spam bisa dijadikan sebagai media penghubung virus, misalnya ketika Anda mengklik link yang diberikan oleh email spam ter-sebut, padahal itu hanya tipuan agar virus bisa tereksekusi.

Cara Terhindar dari Email Spam

Agar kita bisa terhindar dari spam sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya:

  1. Untuk layanan email tertentu biasanya mereka akan mengkategori-kan email yang isinya spam pada folder Spam, tetapi tidak menu-tup kemungkinan akan masuk juga pada inbox utama.
  2. Coba perhatikan alamat si pengirim email, apakah alamat email tersebut adalah orang yang Anda kenal atau termasuk di dalam daftar alamat email Anda.
  3. Bacalah baik-baik isi email tersebut, apakah isinya mencurigakan atau tidak, jika isinya dalam bahasa Inggris mungkin Anda bisa bertanya pada orang yang mengerti untuk menerjemahkannya.
  4. Jika Anda sering menerima email spam dengan alamat yang sama, maka bisa melakukan filter supaya alamat email tersebut bisa diblok.
  5. Email berbayar adalah layanan yang memiliki security yang baik, tapi MAHAL.
  6. Lakukan whois pada domain si pengirim email. Whois adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek informasi mengenai suatu domain.

Memfilter Spam dengan SpamGuard dari Yahoo

Layanan email gratis Yahoo memiliki fasilitas untuk memfilter email yang dianggap sebagai spam, yaitu dengan menggunakan SpamGuard. Kita bisa mengaktifkan SpamGuard dari email yang kita miliki. Tetapi perlu Anda ketahui tidak semua email yang masuk ke dalam folder spam itu merupakan spam, hal ini kemungkinan disebabkan kesalahan deteksi.

Untuk mengaturnya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke alamat http://mailyahoo.com.
  2. Sesudah itu, Sign In ke email yang Anda miliki.
  3. Anda akan masuk ke mailbox.
  4. Jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, pilih kategori Massal. Sesudah itu Anda pilih Edit Setelan.
  5. Pada Filter Spam terdapat dua pilihan, apakah hendak menghapus-nya secara langsung tanpa dikonfirmasi atau menyimpannya sebagai surat Massal sesuai waktu yang ditentukan.
  6. Pada Tandai Spam dan Bukan Spam terdapat dua pilihan, apakah menambahkan alamat pengirim email ke dalam daftar alamat blokiran atau pindahkan pesan ke Kotak Masuk.
  7. Pada Pemblokiran Gambar terdapat tiga pilihan yang bisa Anda pilih. Agar aman dari spam kita pilih opsi kedua, yaitu Blokir gambar dalam pesan yang dianggap spam oleh SpamGuard.
  8. Jika sudah, klik Simpan Perubahan.

Selamat mencoba :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s