Tips Menghindari Peretasan Twitter

Hmm, dunia memang terlihat tidak aman saat ini. Setelah pemboman di arena marathon di Boston, Amerika Serikat dibuat panik kembali dengan berita dari akun Twitter Associated Press yang diretas. Kepanikan tersebut bahkan membuat saham anjlok lebih dari 100 poin beberapa saat setelah tweet dipublikasikan.

Yah, akun twitter pribadi kita mungkin tak akan menimbulkan banyak kepanikan jika diretas (kecuali kita sendiri yang panik atau kecuali Anda selebiriti dan pejabat negara yang berpengaruh). Tapi, tidak ada salahnya jika kita melindungi akun Twitter kita dari tangan-tangan jahil.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghindari peretasan akun Twitter.

Jangan klik link dari orang asing

Ya, jangan mudah percaya pada orang asing, termasuk juga akun twitter asing yang tiba-tiba me-reply tweet Anda. Kalau Anda memang sebegitu paranoidnya, bahkan jika ada teman yang memang Anda kenal me-reply atau mention Anda, verfikasi di platform lainnya, misalnya aktifkan sms atau email notifikasi.

Hindari Phishing

Ketika signing ke Twitter, cek apakah Anda masuk ke laman login yang aman dan resmi dengan cara melihat apakah URL-nya dimulai dengan https://. https:// menunjukkan bahwa koneksi tersebut aman untuk memasukkan username dan password.

Menggunakan password unik di akun-akun berbeda

Menggunakan password rumit sebenarnya tidak banyak membantu ketika password tersebut digunakan di akun-akun situs yang lainnya. Jika seorang peretas berhasil masuk ke satu akun, maka akan lebih mudah untuk masuk ke akun Anda lainnya jika passwordnya sama.

Gunakan aplikasi pihak ketiga (third-party) dengan hati-hati

Dalam pengaturan akun Twitter Anda, lihat aplikasi atau akun apa saja yang terintegrasi dengan Twitter. Tolak integrasi akses ke akun atau aplikasi yang jarang Anda gunakan atau yang selalu meminta password Anda.

Semoga membantu :)

tulisan ini bersumber dari : sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s