Waspada, Inilah Teknik Membobol Password

Para pelaku kriminal menggunakan berbagai cara untuk membo­bol password. Mulai dari mengirimkan email fiktif, website fiktif, hingga menggunakan aplikasi-aplikasi pelacak password. Teknik-teknik ini dikenal dengan istilah phishing dan spyware.

Hacking Password
Hacking Password

Phishing adalah suatu bentuk penipuan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi penting seperti password, kartu kredit, dan informasi sejenis lainnya. Tindakan phishing ini biasanya dilaku­kan dengan mengirimkan email atau melalui website-website fiktif.

Tindakan phishing melalui email biasanya dilakukan dengan mengirimkan email palsu mengatasnamakan sebuah bank, peru­sahaan penyedia kartu kredit, atau institusi keuangan lainnya. Melalui email tersebut, Anda diminta untuk melakukan verifikasi, update, atau melakukan validasi beberapa informasi. Email ini berisi pesan yang mengarahkan Anda untuk mengklik sebuah link pada email.

Link tersebut akan membawa Anda ke sebuah web server asing yang dioperasikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Halaman website yang mereka tampilkan berisi logo dan trademark palsu dari sebuah bank, perusahaan penyedia kartu kredit, atau agen pemerintah sehingga berkesan sebagai sebuah website resmi.

Di halaman website itulah Anda diminta informasi tentang akun Anda, tanggal lahir, password, nomor kartu kredit, dan informasi pribadi lainnya. Selanjutnya, dengan informasi ini orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut masuk ke akun keuangan Anda atau email Anda untuk melakukan tindakan-tindakan kejahatan seperti pencurian, pengambilan data dan informasi, serta tindakan-tindakan sejenis lainnya.

Spyware mulai dikenal pada tahun 2002. Spyware ini bisa berupa program jahat yang secara otomatis terinstal di komputer ketika Anda mengunjungi website tertentu, saat Anda mengklik iklan pop-up, atau sewaktu Anda mengklik file email attachment.

Salah satu jenis program spyware yang tidak terlampau berbahaya beroperasi dengan cara menyusuri website yang Anda kunjungi dan mengirimi Anda sejumlah iklan. Biasanya iklan ini berupa iklan-iklan yang Anda minati berdasarkan tema-tema website yang sering Anda kunjungi. Spyware ini akan terus menghujani Anda dengan iklan-iklan sehingga privasi Anda terganggu.

Spyware yang paling jahat berupa sebuah program Spyware yang merekam tombol-tombol keyboard yang Anda tekan. Tindakan ini dilakukan untuk menemukan password Anda, username, nomor kartu kredit, dan informasi penting lainnya.

Sudah tahu kan tekniknya? Mulai dari sekarang, berhati-hatilah :)

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s