Ada 3.500 anak tangga untuk turun menjangkau air dalam sumur yang diperkirakan berumur 12 abad atau 1.200 tahun di India. Sumur yang dalam bahasa setempat dinamai Chand Baori memang unik dengan bentuk persegi yang besar dan terdapat sejumlah anak tangga dalam kelompok-kelompok simetris.

SUMUR Chand Baori yang unik dengan bentuk persegi yang besar dan terdapat sejumlah anak tangga dalam kelompok-kelompok simetris.
SUMUR Chand Baori yang unik dengan bentuk persegi yang besar dan terdapat sejumlah anak tangga dalam kelompok-kelompok simetris.

Sumur tua tersebut memiliki kedalaman sekitar 30 meter dan dimasukkan dalam bangunan bersejarah bersama Taj Mahal.

Dengan ribuan anak tangga dan kedalaman tersebut, maka Chand Baori diangap sebagai sumur buatan tertua, terdalam dan terbesar.

Uniknya lagi, meski sumur tersebut dalam keadaan selalu terbuka, suhu air di dasar sumur selalu berkisar antara lima hingga enam derajat di bawah suhu permukaan.

Sumur bertangga yang bernama Abhaneri itu terletak di Rajasthan, India, itu membuat pola tangga simetris yang seakan tidak pernah habis hingga dasar sumur.

Sumur tersebut bisa terisi hampir penuh pada musim-musim tertentu. Foto-foto karya fotografer Florian Wizorek (34) asal Berlin, Jerman memberikan ilusi optis dari susunan tangga.

Sumber air selain dari rembesan dalam tanah juga dari air hujan. Batuan penyusun dinding dan dasar sumur adalah batuan vulkanis sehingga air bisa melalui pori-pori batu.

darisini

Advertisements