Tren Karier 2013

Akan terjadi talent war di bursa kerja Indonesia pada tahun 2013. Optimisme target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8 persen di tahun 2013, merangsang masuknya banyak investasi baru sekaligus memicu perusahaan untuk melakukan ekspansi. Otomatis, lapangan pekerjaan dengan keahlian yang spesifik makin dibutuhkan. Berikut ini 7 profesi yang akan jadi incaran pada tahun 2013!

Mobile Application Developer
Tiap pelepasan produk smartphone baru akan selalu dibarengi dengan aplikasi pelengkapnya. Entah itu untuk smartphone berbasis IOS seperti Apple, berbasis RIM seperti BlackBerry, atau Android. Tak heran, jika kemudian bisnis aplikasi mobile ini berkembang menjadi bisnis besar dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2010 saja, Apple mampu meraup hingga 1,78 miliar dolar AS hanya dari penjualan aplikasinya. Naiknya minat konsumen terhadap aplikasi sebuah perangkat komunikasi mendorong perusahaan berlomba-lomba menciptakan tren-tren baru.

Kreativitas yang out of the box menjadi tantangan baru bagi para pekerja dengan latar belakang pendidikan ilmu komputer atau teknologi informasi. Untuk cemerlang di bidang ini, Anda harus dapat memahami dan mengaplikasikan program, seperti JavaScript, Android, iOS.

Kunci daya saing: Tak sekadar menguasai program baru, tapi juga memiliki kemampuan menciptakan aplikasi yang ramah bagi para pengguna gadget.

Market Researcher
Seorang peneliti pasar membuat survei atau studi, melakukan review terhadap segala faktor yang memengaruhi permintaan terhadap sebuah produk.  Berdasarkan data dan hasil analisis, ia kemudian akan memberikan gambaran lengkap terhadap sukses tidaknya sebuah produk di pasar, dan memberikan insight pasar untuk kepentingan pengembangan produk. Tak heran jika tren permintaan terhadap peneliti pasar ini akan meningkat tajam. Belum banyaknya orang yang menguasai keahlian ini membuat peluang profesi ini terbuka luas.

Kunci daya saing: Selain memiliki latar belakang statistik dan daya analisis yang kuat, sebaiknya juga punya spesialisasi sesuai dengan bidang industri yang ditangani, seperti IT, telekomunikasi, atau consumers good.

Sales Executive Medical Equipment
Industri di bidang kesehatan makin marak. Terutama dengan berdirinya banyak klinik swasta, yang berfokus pada kesehatan umum dan kecantikan. Demi meningkatkan daya saing dan pelayanan, banyak klinik dan rumah sakit saling berlomba memakai teknologi terkini.

Sehingga,  makin banyak perusahaan alat-alat kesehatan yang membuka jaring distributor di Indonesia. Otomatis, mereka harus mencari tenaga sales yang andal sebagai ujung tombak dari penjualan produk mereka.

Kunci daya saing: Menguasai produk kesehatan dan punya link dengan dokter dan rumah sakit.

Recruiter
Kebutuhan terhadap posisi yang masuk dalam ranah human resources development ini makin hari makin melonjak. Hal ini seiring dengan pertumbuhan perusahaan baru di Indonesia yang terus meningkat, baik itu dari masuknya perusahaan asing atau dari perusahaan lokal yang melakukan diversifikasi usaha, misalnya, dari perbankan ke perkebunan atau pertambangan.

Tak ayal, tenaga rekrutmen yang  andal dan mampu menemukan talenta yang tepat guna sangat dibutuhkan. Lingkup pekerjaannya dimulai sejak membuat iklan lowongan kerja, seleksi administrasi, melakukan wawancara, assessment, hingga orang tersebut diterima bekerja. Latar belakang psikologi lebih disukai.

Kunci daya saing: Miliki portfolio yang unggul! Ukuran keberhasilan Anda sebagai rekrutmen dinilai dari berapa posisi kerja yang berhasil Anda isi, berapa persen yang sukses melalui 3 bulan masa percobaan, dan berapa persen yang sukses menjadi pemimpin.

Akuntan
Tak ada satu bidang usaha atau lembaga apa pun yang terlepas dari urusan keuangan. Oleh sebab itu, profesi akuntan selalu mendapat tempat! Ia bertugas mengatur administrasi keuangan perusahaan, mulai dari menyusun laporan keuangan, perpajakan, membuat surat-surat yang berhubungan dengan perbankan, dan masih banyak lagi. Latar belakang pendidikan akuntansi menjadi syarat mutlak.

Kunci daya saing: Mengantongi sertifikasi CPA dan menguasai standar akuntansi internasional, seperti IFRS (International Financial Reporting Standard) dan US GAAP (Generally Accepted Accounting Principles yang dikembangkan oleh Amerika). Apalagi dengan meningkatnya jumlah perusahaan multinasional dan asing yang membuka usahanya di Indonesia. Mereka yang pernah bekerja di perusahaan konsultan, seperti akuntan publik, adalah yang pertama dilirik.

Operations Manager Klinik
Dunia kecantikan terus berkembang, termasuk tumbuhnya klinik-klinik kecantikan. Rata-rata klinik yang tumbuh besar ini  kini bahkan memiliki cabang yang tersebar di berbagai kota. Maka, seorang operations manager yang mampu mengelola klinik pun jadi makin dicari. Mereka ini bertanggung jawab pada operasional sekaligus pengembangan klinik tersebut.

Operations manager biasanya menangani sebuah cabang. Dia bertugas mengontrol profit and loss di cabang tersebut, untuk memastikan pada akhir bulan mendapat untung. Jenjang karier dari operations manager adalah business manager yang memiliki tanggung jawab mengontrol beberapa cabang sekaligus. Karena kebanyakan klinik sistemnya adalah franchise, karier di dunia ini pun pertumbuhannya diprediksi cukup pesat.

Kunci daya saing: Memiliki kemampuan presentasi.

Relationship Manager
Posisi  yang satu ini sedang menjadi primadona di dunia perbankan, terutama perbankan retail yang menangani nasabah perseorangan. Apalagi, saat ini industri perbankan di Indonesia  tumbuh dengan sangat pesat, dengan bank kecil dan besar yang agresif membuka cabang baru, serta masuknya bank-bank asing.

Tugas seorang relationship manager adalah mengembangkan jumlah nasabah dan portfolio serta loyalitas nasabah. Termasuk di dalamnya, menjalankan program dan aktivitas marketing untuk menarik para nasabah baru. Profesi ini terbuka bagi semua latar belakang pendidikan, terutama eksakta (MIPA) dan ekonomi.

Kunci daya saing: Memiliki networking atau jalinan komunitas yang kuat, yang ditunjukkan dengan keberhasilan dalam mengembangkan nasabah baru.

Project Manager Property
Pertumbuhan ekonomi yang baik, turunnya suku bunga dan meningkatnya daya beli masyarakat menciptakan iklim kondusif bagi berkembangnya bisnis properti. Apalagi, data BPS 2011 mencatat, masih ada 23% dari 61 juta keluarga di Indonesia yang belum memiliki rumah tinggal. Posisi project manager akan selalu dibutuhkan dalam membidani  tiap proyek pembangunan.

Sebagai project manager, ia bertanggung jawab memimpin dan mengawasi keseluruhan proyek, mulai dari pembuatan konsep desain sampai tahap eksekusi atau penyelesaian. Ia harus memastikan bahwa  tiap orang bekerja mengikuti standar kualitas, termasuk dalam hal pengawasan anggaran.

Kunci daya saing: Memiliki can-do attitude, kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, serta mengantongi sertifikat Project Management Professional (PMP).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s