Berpikir Global, Bertindak Lokal

Isu global yang saat ini membumi adalah isu pemanasan global/ global warming. Disamping itu isu lain yang timbul tenggelam adalah isu tentang HIV AIDS dan Terorisme.

Ketiga isu tersebut banyak diperbincangkan diranah publik, dan banyak pakar berlomba-lomba menjadi pembicara atas isu tersebut. Isu-isu ini begitu mengglobal sehingga menjadi salah satu isu yang ‘wajib’ dibahas oleh para pemimpin ketika menyampaikan sambutan atau menjadi tema sebuah acara/ kegiatan.

Lalu bagaimana kita bersikap atas isu-isu tersebut? apakah kita harus terlarut dalam euforia tersebut?

Sebenarnya simple saja, kita tidak perlu terlarut dalam euforia isu-isu tersebut cukup bertindak. Kita ikut berpikir global, namun bertindak lokal. Berbuat dilingkungan kita sendiri, dimulai dari diri kita, keluarga kita.

Mulai menanam pohon dilingkungan kita, menanam bunga atau tanaman lainnya.Saya yakin tidak semua orang bisa berbuat secara global, untuk itu mari kita bertindak lokal saja dan semoga dampaknya akan mengglobal.

Untuk Isu HIV AIDS, mulailah dari diri kita sendiri. Jauhi seks bebas, narkoba dan berbagai perilaku tidak sehat lainnya. Demikian pula untuk isu terorisme, jadilah ‘polisi”untuk diri kita dan lingkungan.

Dalami ilmu agama dengan benar, dan jangan mudah terprovokasi. Ajari anak, saudara dan lingkungan dengan ajaran agama yang benar, jangan racuni mereka dengan berbagai doktrin kebencian.

Semoga bermanfaat….

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s