Tips Menghadapi Interview

Interview adalah salah satu bagian dari rangkaian test yang sangat penting dan mesti  dilakukan perusahaan. Mengapa proses interview harus di lakukan dalam perekrutan karyawan baru…?
Ada banyak jawaban untuk pertanyaan itu. Bagi Praktisi HR, dengan adanya interview HR banyak hal yang dapat dilakukan sebelum atau saat sedang interview berlangsung. Sebelum interview di mulai maka, HR memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal seperti :
  • Koreksi langsung mengenai dokumen administrasi yang di lampirkan calon karyawan saat melamar ke perusahaan. Melalui interview, HR akan memiliki banyak waktu untuk mengoreksi secara langsug dokument-dokument tersebut sekaligus menelusuri kebenarannya.
  • HR memiliki kesempatan untuk mengetahui lebih dalam mengenai diri kandidat meskipun telah ada curriculum vitae yang menggambarkan diri kandidat namun itu baru sebatas informasi awal. Patut diketahui bahwa meskipun telah ada cv namun masih banyak informasi yang tentunya belum dicantumkan, karenanya melalui interview HR berkesempatan mengenal kandidat juga menggali informasi yang belum di sebutkan di cv.
  • Mencocokan atau mengoreksi mengenai kebenaran informasi di cv kandidat secara langsung dengan dokumen formil seperti ijazah, certifikat, kelakuan baik dan dokumen formil lainnya.
  • Dan banyak hal-hal lain yang masih bisa di gali sebelum interview di mulai.
Kemudian saat interview berlangsung, HR dapat membuat skenario dengan membagi sesi interview atau dengan inteview gabungan. Skenario interview pada prinsipnya dibuat untuk membuat interview lebih efektif dan tepat  sasaran. Interview dapat dilakukan dengan sekali sesi atau beberapa sesi. Beberapa skenario dapat dibuat sebagai berikut :
  1. Membagi sesi interview antara HR dengan User. Pada skenario ini, HR akan melakukan interview terlebih dahulu kemudian membuka sesi kedua untuk interview dengan usernya. Untuk posisi level tertentu dimana Top Managemen harus melakukan interview maka skenario dapat disusun berdasarkan efektivitas waktu serta kebutuhan manpower yang mendesak. Bisa dilakukan tiga sesi yakni HR, User dan Managemen tentunya dengan waktu yang berbeda.
  2. Interview Gabungan. Skenario interview ini seluruh interviewer dihadirkan dalam satu majelis untuk bersama-sama melakukan interview. Pada Skenario ini biasanya akan membutuhkan waktu lama karena para interview akan membutuhkan banyak waktu untuk melakukan hal-hal formal dan kandidat juga biasanya akan tertekan secara psikologis. Kandidat akan merasa grogi dan mungkin akan sedikit susah berkomunikasi. Namun skenario ini hasil interview langsung dapat di tentukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s