Gambaran Seleksi dan Rekrutmen

Salah tugas pokok Humans Resource adalah melakukan seleksi dan rekrutmen. Seleksi dan Rekrutmen pada dasarnya adalah dua bagian yang disatukan dan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan. Seleksi dan Rekrutmen menjadi satu bagian yang tak terpisahkan mengingat pada proses penerimaan karyawan, seleksi dan rekrutmen akan sangat menentukan keberadaan soseorang sebagai pekerja di perusahaan.Ketika perusahaan akan melakukan penerimaan karyawan maka proses awal yang harus dilakukan adalah :
  1. Analisa kebutuhan Man Power. Pada proses ini setidaknya perusahaan atau, paling tidak HR Department memiliki Man Power Planning (MPP). Man Power Planning (MPP) yang di buat setidaknya juga menggambarkan kondisi objektif man power saat itu diperusahaan kemudian melihat organisasi secarah utuh. Dari Man Power Planning (MPP) ini akan tergambar secara gamblang jumlah dan kekuatan organisasi yang kita miliki.
  2. Evaluasi Organisasi. Apakah organisasi diperusahaan Saudara sangat gemuk atau ramping dan apakah Saudara membutuhkan karyawan baru? Jawabannya akan muncul setelah Melakukan evaluasi organisasi. Ini sangat penting dilakukan sebelum merekrut karyawan baru. Evaluasi oraganisasi ini juga akan memperlihatkan struktur oraganisasi dengan load pekerjaan serta jumlah orang yang kita miliki. Jika dari hasil evaluasi semoga didapat hasil yang objektif sehingga tidak salah kaprah dalam merekrut orang. Biasanya, jika tidak dilakukan evaluasi oraganisasi maka oraganisasi akan menjadi gemuk dan tidak efektif.
  3. Evaluasi Job Desc dan Load Pekerjaan. Ini penting dan juga terkait langsung dengan evaluasi oraganisasi. Saudara mungkin mengira bahwa dengan menerima karyawan baru maka pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan cepat. Kalau Saudara berfikiran seperti itu, maka perusahaan Saudara akan kaya Man Power namun tidak produktif. seharusnya dilakukan evaluasi, kemudian menganalisa Skill Man Power yang kita miliki dan load pekerjaan yang harus dikerjakan apakah memungkinkan untuk penambahan atau dengan tenaga yang sudah cukup untuk mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan sesuai target.
  4. Proses Administrasi. Proses administrasi adalah proses dimana proses permintaan tenaga kerja dilakukan secara terdokumentasi (proses ini juga akan dikaitkan dengan budgetting gaji karyawan baru). Biasanya perusahaan telah memiliki SOP Seleksi dan Rekrutmen sehingga form kerja juga sudah tersedia. Mungkin kalau perusahaan Saudara belum memilik SOP-nya maka setidaknya Saudara memprioritaskan kembali untuk menyusun SOP tersebut.
– Tahapannya Seleksi dan Rekrutmen secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :
  1. Form Permintaan Tenaga Kerja (dari Dept yang membutuhkan dan  disertai Man Power Planning (MPP), Struktur Organisasi dan dokumen pendukung lainnya.
  2. Form Permintaan Tenaga Kerja yang sudah di setujui (approved) dari managemen diserahkan ke HR untuk proses seleksi dan rekrutmen.
  3. HR melakukan schedule Seleksi dan Rekrutmen
  4. Pencarian Kandidat (by iklan, by refferensi, dll)
  5. Seleksi administrasi. Mengecek seluruh dokumen pelamar. Biasanya ada kandidat yang “nakal” dengan melampirkan dokumen palsu seperti sertifikat palsu, ijasah palsu dll. Harap HR benar-benar mengoreksi mengenai dokumen-dokumen tersebut.
  6. Kandidat yang di anggap potensial di schedule-kan untuk test (test kompetensi, interview, Psikologi dll). Pada test ini, user/dept yang membutuhkan tenaga kerja tersebut harus terlibat agar kandidat yang terpilih benar-benar kompeten, cocok  serta support pekerjaan dan departmennya.
  7. Kandidat yang lulus harus diberikan Surat Penawaran Gaji (Letter Of Offering) dan diberikan deadline mengenai kepastian bergabungnya agar HR tidak out standing job dan rekrutmen tidak menggantung. Batas toleransi bagi kandidat yang masih bekerja disuatu perusahaan adalah 30 hari kalender.
  8. Proses administrasi selanjutnya adalah persiapan kontrak kerja dan dokumen administrasi lainnya.
  9. Induksi karyawan baru
  10. Penyerahan karyawan baru ke user untuk training kompetensi dan orientasi pengenalan pekerjaan dan tanggungjawabnya
Ini mungkin gambaran yang tidak detil namun setidaknya memberikan gambaran tentang proses seleksi dan rekrutmen. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s