DBS Tunda Akuisisi Bank Danamon

DBS Group Holdings Ltd memutuskan menunda akuisisi PT Bank Danamon Tbk (BDMN) dalam satu sampai dua tahun ke depan. Padahal, Danamon telah mengajukan tawaran sebesar USD7,2 miliar pada akuisisi tersebut. 

Danamon

Sekadar informasi, DBS telah membuat tawaran tersebut pada 2 April lalu. Jika terlaksana, maka pengambilalihan ini akan menjadi yang terbesar bagi kreditur di Asia Tenggara, sebelum krisis 1997 di Asia. Akuisisi ini akan memberikan DBS mempunyai 3.000 cabang di Indonesia.

“Kami melakukan bisnis ini selangkah demi selangkah. Ini membuat kami benar-benar terintegritas, dan dapat meraih keuntungan yang kami perlukan dari Danamon, sehingga kami tidak perlu terus mengawasi pasar untuk mencari sebuah kesempatan,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) DBS Group Holding Piyush Gupta seperti dilansir dari Bloomberg, Senin (30/4/2012).

DBS juga berharap dengan adanya akuisisi ini, maka laba Danamon per saham dapat melonjak di tahun ketiganya, setelah labanya merosot dalam dua tahun pertama pascamerger dengan salah satu kreditur asal Indonesia. Akusisi tersebut, memungkinkan DBS untuk mendiversifikasikan pertumbuhannya ke dalam ekonomi yang mempunyai pasar tiga kali lipat dari pasar domestiknya, Singapura, serta mengurangi ketergantungannya pada Singapura.

Selain itu, Gupta mengungkapkan, akuisisi ini juga mengisi kekosongan dalam tiga poros pertumbuhan bank yang mencakup Utara, Selatan dan Asia Tenggara.

Dalam sebuah presentasi per 2 April, DBS mengatakan total pendapatan dari Danamon dari Asia Selatan dan Tenggara akan melonjak ke 27 persen dari tujuh persen. Sementara ketergantungan pada Singapura akan turun menjadi 49 persen dari 62 persen.

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s