Menarik untuk dibahas tentang daya serap industri terhadap lulusan S-1 dan lulusan SMK. Sangat menarik, karena jika diperhatikan daya serap industri terhadap para lulusan S-1 dan SMK sangat tipis bahkan jika diperhatikan secara seksama lulusan SMK lebih banyak dicari terutama oleh industri yang mengutamakan hard skill.

Secara keseluruhan lulusan SMK lebih siap dan lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan industri karena memang mereka disiapkan untuk cepat diserap oleh industri atau bahkan berwirausaha meski untuk yang terakhir cukup berat namun banyak lulusan SMK yang sudah sukses memulai wirausaha di usia muda.

Untuk lulusan S-1 mereka cenderung pilah pilih dalam mendapatkan pekerjaan, banyak dari mereka berjiwa duduk. Maksudnya mereka cenderung lebih memilih pekerjaan yang hanya berkutat dikantor. Mereka merasa memiliki kelebihan dalam hal latar belakang pendidikan sehingga mereka cenderung menjadi pemilih, gengsian dan pemalu.

Sudah banyak artikel, penelitian dan berbagai jurnal yang membahas tentang pengangguran intelek, ya salah satu penyebabnya adalah sikap dari sebagian lulusan sekolah tinggi atau universitas yang terlalu pemilih dan perfeksionis dalam berkarya dan bekerja. Berbeda dengan lulusan SMK yang sudah siap pakai secara hard skill, sedangkan untuk soft skill memang lulusan SMK masih perlu pematangan dan ini bisa dilakukan sejalan dengan waktu.

Untuk anda lulusan SMK bersiaplah bersaing didunia kerja dan bagi anda lulusan S1 siapkan mental anda untuk bersaing dengan lulusan SMK dan semoga kita semua bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan keinginan kita.

Advertisements