Ribut Spanduk Tolak FPI, Pontianak Memanas

Pontianak – Ribuan orang berkumpul di Rumah Betang, Jl Sutoyo Pontianak, sejak pukul 08.00 pagi, Kamis 15 Maret 2012. Ribuan orang ini menuntut agar FPI Kalbar dibubarkan. Mereka datang dari daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan Kota Pontianak, antara lain Sei Ambawang dan Mandor.

Massa Berkumpul Membentangkan Spanduk Pembubaran FPI

Sekitar pukul 09.00, tetua adat Dayak, Ibrahim Banson, sekretaris Majelis Adat Dayak (MAD), mendatangi rumah betang untuk mendinginkan suasana dan mendengarkan aspirasi massa.

Ketua Ikatan Dayak Islam, Alamsyah meminta semua pihak agar memandang masalah dengan kepala dingin. “Kalau ada yang tersinggung, manusiawi. Tetapi kami harap masalah ini tidak berkepanjangan,” ujarnya.

Pukul 12.00, massa menuntut bisa menyampaikan aspirasi ke Markas Kepolisian Daerah Kalbar, yang jaraknya sekitar satu kilo dari rumah betang. Massa membekali diri dengan berbagai jenis senjata tajam dan kayu. Para petinggi kepolisian dan TNI, yang menjumpai massa tak berhasil mengurungkan niat massa untuk bergerak keluar dari rumah betang. Untuk mengamankan, polisi dan TNI mengawal massa berjalan kaki ke Polda Kalbar di Jalan Yani II, Pontianak.

Konflik ini terpicu isu bentrok, buntut dari ribut-ribut penurunan spanduk penolakan FPI di Kalimantan Barat yang terjadi Rabu 14 Maret 2012 kemarin.

Warga Asrama Pangsuma, yang merupakan kediaman mahasiswa asal bagian timur Kalimantan Barat, memasang spanduk yang isinya penolakan dan pembubaran FPI di Kalbar. Spanduk ini memancing amarah simpatisan FPI yang kemudian masuk ke asrama dan menurunkan spanduk. Insiden pelepasan spanduk inilah yang kemudian menimbulkan keributan dan nyaris bentrok. Untungnya, petugas Kepolisian Sektor Pontianak Barat dan Polresta Pontianak Kota bisa meredam ribut-ribut dua pihak.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s