10 Aplikasi Android Untuk Kesehatan

 

Kesehatan menjadi sesuatu yang amat penting untuk semua orang, terutama untuk individu dengan aktivitas yang padat. Bagi mereka dengan keseharian super sibuk, tentu harus meluangkan waktu untuk pergi ke dokter memeriksa tekanan darah atau sekedar mengetahui kalori yang telah dikonsumsi dan dibakar.

Untungnya, ada beberapa aplikasi di perangkat Android yang membantu pengguna mengetahui kesehatannya hanya dengan perangkat smartphoneataupun tablet. Berikut adalah beberapa aplikasi Android terbaik untuk kesehatan.

1. Nike BOOM

Aplikasi Nike BoomJika Anda membutuhkan sesuatu yang dapat mendorong semangat berolahraga, aplikasi Nike BOOM mungkin cukup membantu. Pengguna dapat memilih jenis latihan beserta musik pengiringnya.

Kemudian, aplikasi akan memberi semangat dan arahan agar Anda dapat mencapai tahap terakhir. Tak hanya itu, atlet utama dalam aplikasi ini juga akan memberi arahan, layaknya membimbing dan menyemangati olahragawan sejati. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan jejaring sosial Facebook.

2. Backpacker GPS Trails

Backpacker GPS Trails membantu memberi arah tujuan ketika sedang berlari. Dengan aplikasi ini, smartphone atau tablet menjadi GPS yang membantu melacak jalur.

Lebih penting lagi, aplikasi ini dapat menyimpan rekam jejak kinerja si pelari, jikalau mereka ingin membandingkan dengan rekor sebelumnya. Pengguna juga dapat mengirimkan update ke Facebook.

3. Endomondo Sports Tracker

 

Bagi mereka yang lebih senang berolahraga di perkotaan, Endomondo Sports Tracker adalah aplikasi hebat untuk digunakan di dalam kota. Aplikasi ini akan menjadi teman untuk para pelari, pesepeda, dan pejalan kaki.

Pertama, aplikasi ini berfungsi sebagai GPS yang memastikan pengguna tidak tersasar di kota mana pun. Berikutnya adalah audio feedback, aplikasi ini akan memberi semangat di setiap mil jarak yang telah ditempuh.

Endomondo Sports Tracker juga mencatat jarak, waktu, dan kalori yang terbakar. Bagi pengguna yang kompetitif, bisa mencoba untuk mengalahkan rekor waktu tercepat yang pernah ditempuh teman lainnya.

4. Calorie Counter

 

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang membantu pengguna menjaga berat badan. Pertama adalah buku harian makanan, yang di dalamnya terdapat jadwal makan.

Fitur juga dikombinasikan dengan kalender diet, yang melacak jumlah kalori yang dikonsumsi dan dibakar. Ini tentu sangat membantu mengingatkan pengguna dalam menurunkan asupan kalori.

5. BMI Calculator

 

BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index. Dengan BMI Calculator ini, Anda dapat menghitung, menentukan dan memastikan tidak kelebihan berat badan.

6. Soleil Organics

 

Cara lain untuk hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan organik. Namun, agak sulit mengetahui apakah label yang terpasang di makan organik itu asli atau tidak.

Soleil Organics menjadi aplikasi yang membantu pembeli memastikan mereka tidak tertipu dengan label organik. Aplikasi ini juga memberikan tips tentang makanan apa yang harus dipilih.

7. Instant Heart Rate Pro

 

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Dengan Instant Heart Rate Pro, pemilik smartphone atau tablet Android dapat mendeteksi bahwa  jantung mereka tetap sehat. Aplikasi ini bisa menjadi alat yang akurat untuk mengukur denyut jantung seseorang.

Pengguna cukup meletakkan jari telunjuk pada kamera telepon, beberapa detik kemudian monitor akan menunjukkan denyut jantung pengguna. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang punya masalah dengan jantung.

8. First Aid

 

Sungguh menyenangkan jika seseorang bisa membantu sesamanya yang membutuhkan pertolongan pertama. First Aid, sebuah aplikasi dari Tim Kesehatan (Health Team), adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang sedang dalam keadaan darurat.

Aplikasi ini akan memberi panduan sederhana, yang tentu akan berguna bagi siapa saja yang berusaha mengobati orang yang membutuhkan pertolongan.

9. ePocrates

 

Diagnosis dan pengobatan yang tepat merupakan sisi lain untuk menjaga kesehatan. Saat seseorang membutuhkan informasi obat medis, ePocrates datang untuk membantu. Aplikasi ini digunakan oleh mayoritas dokter di Amerika Serikat yang memberi referensi obat terkemuka yang ada di pasar.

10. Pocket Yoga

 

Terakhir, mari bicara tentang kesehatan mental. Pocket Yoga memungkinkan pengguna memiliki akses ke sebuah panduan gerakan Yoga untuk memberi keringanan dan ketenangan pikiran. Anda seperti memilki instruktur Yoga portabel.

Aplikasi ini memberi tiga praktik yang berbeda, tiga tingkat kesulitan yang berbeda dan tiga jangka waktu yang berbeda. Total sesi yang disajikan dalam Pocket Yoga, mencapai 27 sesi yang berbeda.

Sumber : Kompas.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s