Naik Kelas

 

Naik kelas, jadi ingat ketika masih sekolah dulu. Naik kelas menjadi sebuah impian, terlebih dengan nilai yang memuaskan. Didunia pendidikan seorang siswa akan naik kelas jika siswa tersebut lulus mengikuti ujian kenaikan kelas, baik dengan nilai yang sangat memuaskan maupun dengan nilai cukup. Pun demikian dalam kehidupan kita, kita akan ‘naik kelas’ jika kita berhasil menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah dalm kehidupan kita.

‘Naik kelas’ dalam kehidupan bukan butuh persiapan mental yang luar biasa karena cobaan dan ujian dalam kehidupan sangatlah berat. Bahkan tak sedikit orang yang tidak sanggup mengikuti dan menyelesaikan ujian tersebut sehingga mereka lupa diri dan akhirnya mengambil jalan pintas. Mengakhiri hidup misalnya. Ada juga yang tidak sanggup menghadapi masalah dan ujian kehidupan dengan berfantasi sehingga pada akhirnya mereka menjadi orang yang hilang kesadaran seperti orang gila dan orang stress.

Ujian dalam kehidupan adalah sebuah kepastian dan sudah menjadi sunatullah, tidak akan ada kehidupan tanpa ada ujian dan masalah. Tidak akan ada manis jika tidak ada pahit, tidak akan ada bahagia tanpa kesedihan.

Satu hal yang pasti adalah bahwa Allah SWT tidak akan memberikan ujian kepada manusia diluar kemampuan manusia tersebut. Allah SWT tahu kapasitas kemampuan kita, Dia tahu segalanya tentang kita. Dari itu tidaklah perlu kita berputus asa jika diberikan ujian yang berat, hadapi dan selesaikan. Dengan demikian, kita akan ‘naik kelas’ dalam artian kita akan lebih kuat, akan lebih dewasa.

Dan jangan lupa untuk terus mengasah diri, mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah selanjutnya. Tetap semangat dan optimis. Sambut setiap ujian dan cobaan dengan penuh suka cita, karena setelah itu kita akan ‘Naik Kelas’.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s