Tips Aman Belanja Online

 

Kemajuan teknologi, dan makin canggihnya berbagai piranti, semakin memudahkan kita untuk berbuat apa saja termasuk berbelanja. Jika dahulu ketika kita akan berbelanja atau membeli barang kita harus datang ke toko atau tempat yang menjual barang tersebut, namun berkat kemajuan teknologi dan kecanggihan piranti saat ini kita tidak perlu repot-repot datang ke Toko atau tempat penjualan.
Kita bisa berbelanja meski kita sedang malas keluar, malas ganti baju bahkan sambil malas-malasan di kasur. Cukup bermodal piranti (PC, Notebook, Netbook, Tablet, iPad, dll) dan koneksi internet kita sudah bisa berbelanja ria dan memilih barang yang kita inginkan.

Namun, sayangnya berbelanja online dengan menggunakan media ini sering kali merugikan pembeli, baik dari sisi kualitas barang, lama pengiriman, ketidaksesuaian spesifikasi barang dan lain-lain, akhirnya banyak yang merasa sudah tertipu.

Untuk meminimalisir risiko seperti yang diatas, berikut saya memberikan tips agar aman berbelanja online yang mimin dapat dari E-Bay. Apa saja tipsnya?

1. Pelajari Sebanyak Mungkin Produk dan Penjualnya
Terdengar ribet dan cukup menguras waktu juga, namun hasilnya sangat bermanfaat. Jika sahabat tidak teliti dalam berbelanja online, maka bisa jadi sahabat akan tertipu. Dengan mendalami info tentang produk dan penjualnya, selain terhindar dari penipuan, mengakrabkan diri dengan penjual tentu menjadi nilai plus karena bisa saja sahabat mendapatkan diskon lebih.

2. Hati-Hati Terhadap Permintaan yang Tidak Biasa
Misalkan pembayaran yang dilakukan, sebagian dilakukan dari beberapa rekening. Lalu hanya mencantumkan metode pembayaran tunai via pos. Metode tersebut tidak akan menjamin bahwa penjual tersebut dapat dipercaya. Sebaiknya gunakan rekening berjalan yang populer di Kaskus. Sehingga jika sahabat tertipu, tidak sebanyak nominal harga yang akan dibeli.

3. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman dan Terpercaya
Salah satu metode pembayaran yang trustworthy adalah PayPal. Sahabat bisa menggunakan PayPal untuk bertransaksi karena selain aman, juga enkripsi yang ditawarkan juga sangat kuat sehingga menjamin dari pihak ketiga yang menyadap koneksi Internet sahabat. Juga PayPal menawarkan asuransi sampai US$ 1000 untuk barang yang tidak diterima oleh sahabat atau berbeda dari deskripsi produk yang ada di suatu toko online.

Berbelanja pada dasarnya adalah membeli barang yang kita inginkan dan kita ingin barang itu menjadi milik kita. Jangan sampai dengan adanya belanja online sahabat menjadi tertipu dan tidak mendapatkan apa-apa. Dengan ketiga tips diatas, setidaknya bisa mencegah dari penipuan online.

Namun demikian, akan jauh lebih aman jika kita melakukan pembelian secara langsung. Sebab kita bisa memilih barang, menawar harga dan membayar secara langsung tanpa ada rasa was-was.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s