Membangun Desa Dengan Media

Membangun Desa, memajukan Desa adalah mimpi hampir setiap warga Desa. Kenapa hampir? Karena tidak semua warga menginginkan pembangunan dan kemajuan. Ini nyata, bahwa banyak diantara yang menginginkan kemunduran, baik dari peradaban maupun hal lainnya.

Cukup, kita kembali ke pembahasan Membangun Desa Lewat Media. Media, adalah alat atau piranti. Media saat ini banyak tersedia,baik media cetak, elektronik maupun media lainnya. Media massa saat ini menjadi sesuatu yang sangat akrab dengan kehidupan masyarakat kita.

Hampir setiap orang setiap hari mengakses media tersebut dan ini mejadi celah bagi orang-orang yang jeli akan peluang. Termasuk untuk membangun Desa. Banyak pertanyaan muncul, memang bisa media dijadikan alat pembangunan? Saya jawab sesuai pengetahuan saya, Bisa, sangat Bisa!

Nah, pertanyaan selanjutnya Bagaimana cara media membantu membangun? Kalo yang ini jawabannya cukup panjang. Sebagaimana kita ketahui, Media adalah alat atau piranti maka sesungguhnya dia tidak akan bisa melakukan apa-apa tanpa ada person/ orang yang mengoperasikannya.

Membangun Desa melalui Media tidak akan pernah terlaksana tanpa adanya dukungan dari SDM didesa tersebut, membangun desa melalui media memrlukan banyak faktor pendukung. Beberapa faktor pendukung yang sangat penting adalah :

  • Pemilihan Media, media yang tersedia ada banyak mulai dari media cetak (koran,majalah,dan berbagai jurnal), media elektronik televisi,radio,dan media online (website, blog, jejaring sosial) pemilihan media yang tepat akan sangat menentukan. Pemilihan Media Online belakangan ini menjadi salah satu media yang cukup laris dan sangat dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan media online sangat mudah dan murah dalam penggunaannya.
  • SDM, ini juga merupakan salah satu faktor penentu karena SDM tersebut yang akan mengelola media dan menyampaikan berbagai perkembangan via media tersebut dan tentu yang dipilih haruslah orang-orang yang memiliki kreatifitas cukup.
  • Data, Data diperlukan untuk memberikan keterangan di Media baik data kependudukan, data geologis, tofografi dan data2 geografis lainnya.
  • Kegiatan, dalam melakukan pembangunan melalui media salah satu hal yang dijual adalah kegiatan, baik kegiatan kemasyarakatan maupun kegiatan2 kelompok dan lainnya, hal ini penting karena tanpa adanya kegiatan tidak ada yang bisa dimuat dimedia.
  •  Terakhir adalah Sinergi, sinergi antara SDM, Media, data dan kegiatan yang dilakukan semuanya harus continue dan berkelanjutan. Lalu bagaimana Media Bisa membangun? Media membangun melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan dimuat di Media tersebut, selain itu akan ada banyak respon dari khalayak baik respon membangun maupun respon negatif.

Dari respon-respon inilah kita akan dapat banyak masukan. Disamping itu diharapkan yang menjadi pembaca dari media tersebut adalah salah satunya atau beberapa (semoga) adalah para pejabat negeri ini sehingga mereka bisa tergugah dan bersedia melakukan dukungan baik moril atau pun materil atas apa yang dilakukan masyarakat tersebut.

Atau bahkan lembaga-lembaga asing yang tergugah setelah membaca profil dari desa yang akan tertarik untuk memberi kontribusi untuk pembangunan desa tersebut.

Dan semoga desa membangun dengan media bisa menjadi kenyataan, membangun dengan segenap kemampuan dan bersinergi.🙂

Tulisan ngawur ini juga diposting disini dan disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s