Media dan Lingkaran Kekuasaan

 

Tergelitik dengan untuk menulis dimalam yang cukup dingin di Kota yang Sangat panas, Media dan Lingkaran Kekuasaan. Saya rasa judul ini sangat relevan dengan kondisi bangsa kita akhir-akhir ini. Meski saaat ini media tidak diberangus sepeti zaman orde baru bahkan terkesan vulgar.

Media belakangan ini menjadi sebuah “mesin” popularitas dan merupakan modal yang sangat besar dalam pencitraan diri untuk memenangkan kompetisi pemilu dan pilpres 2014, betapa tidak mayoritas pemilik Media saat ini sedang gencar-gencarnya menampilkan sosok bos Mereka. Coba tengok Mero TV setiap hari membahas tentang pembukaan DPC dan DPD serta Ranting-ranting  kepengurusan di Daerah untuk sebuah Lembaga kemasyarakatan sekaligus Parpol yaitu NasDem (Nasional Demokrat) yang diprakarsai oleh Bos Mereka Surya Paloh.

Sekarang coba perhatikan, Antv dan TvOne, diakui atau tidak mereka sedang mempromosikan Bos mereka Ketua Umum Partai Golkar Abu Rizal Bakrie. Atau coba tengok MNC Group (RCTI, MNCtv, Global TV) secara halus mereka mempromosikan Bos Mereka yang ikut bergabung dengan Partai NasDem.

Nah, kalo sudah begini lalu dimana bentuk netralitas Media sebagai penyampai berita dan telinga dan mata ketiga bagi para pemirsanya? saya rasa sudah hampir sebagian besar dari Media Nasional yang ada di Republik ini sudah tidak ada lagi yang netral meski pasti mereka akan menolak dengan keras anggapan atau opini ini.

Ada sebuah jargon, peribahasa atau apalah namanya yang berbunyi kurang lebih seperti berikut  : “Jika ingin memenangkan peperangan di dunia politik, maka kuasai Media maka kita akan memenangkannya”.

Hal ini dapat dipastikan hampir 100% benar, media bisa merubah opini publik tentang segala sesuatu dengan sangat mudah dan cepat. Media pula bisa dengan sangat menjatuhkan atau bahkan menjadikan seseorang sebagai Super Hero dalam sekejap. Semua hanya dengan permainan kata dan pencitraan.

Selanjutnya, mari kita ikuti perkembangan berita di Media-media yang ada baik Media Cetak, Elektronik maupun Media Oline. Lalu kita bandingkan pandangan, opini dan pencitraan yang dilakukan masing-masing media tersebut. Kita akan segera menemukan banyak fakta yang menarik seputar Media dan Kekuasaan.

Silahkan anda simpulkan sendiri apa saja fakta-fakta tersebut, lalu cari tahu siapa pemilik media-media tersebut maka kita akan makin banyak menemukan fakta-fakta yang lebih menarik lagi. Selamat mengamati dan selamat teperangah…..😀.

 

2 thoughts on “Media dan Lingkaran Kekuasaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s