Virus Ramnit dan Gejalanya

Virus Ramnit mulai menyebar di Indonesia sejak Februari 2011, namun sampai sekarang virus yang terkenal bandel ini masih mendominasi serangan program jahat di Tanah Air.

Ramnit memang tergolong canggih. Selain memiliki kemampuan mengunduh virus lain, program jahat ini juga mampu bekerjasama dengan virus lainnya untuk menginfeksi korbannya, itulah yang membuatnya sulit diberantas.

Ilustrasi "Virus Komputer"

Virus Ramnit masih mendominasi lantaran selalu memperbarui dirinya. Itulah yang membuat sebagian Antivirus kewalahan menghadapinya.

Varian Ramnit sangat banyak, namun rata-rata punya file induk yang sama, jadi metode pemberantasanya mirip.

Kesamaan modus penyerangan tersebut, sebenarnya bisa dilihat dari ciri-ciri komputer yang terjangkit. Misalnya saja muncul beberapa pop-up aneh, atau kinerja komputer yang menjadi lambat tanpa sebab.

Ciri Komputer yang terjangkit Virus Ramnit:

  1. Virus akan membuat browser Internet Explorer menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gambar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet.
  2. Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.
  3. Muncul banyak file dengan nama file “Copy of Shortcut to (1).lnk” s/d “Copy of Shortcut to (4).lnk” di flashdisk pengguna. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna.
  4. Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini.

Selain ciri-ciri tersebut, perlu diketahui juga bahwa Ramnit juga memiliki file induk yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:\RECYCLER\%nama_acak%.exe].

Virus ini juga akan menjangkit file berekstensi exe, dan setiap file exe yang terinfeksi akan mempunyai ukuran 107KB lebih besar dari ukuran awalnya. Selain itu Ramnit akan menduplikasikan file tersebut di dalam folder yang sama.

Kenali jenis virus untuk memudahkan Anda membasmi virus tersebut.

AddThis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s