Menyiasati Rasa Lapar

Mengendalikan nafsu makan memang agak sulit, tetapi sangat mungkin untuk dilakukan. Ikuti beberapa tips sederhana ini agar

"Menyiasati Rasa Lapar"

keinginan makan bisa lebih terkontrol dan pinggang pun tidak melebar. Lebih banyak protein saat sarapan. Anda akan sedikit lebih lapar dan kemungkinan makan kurang dari 267 kalori sepanjang hari. Setidaknya itulah yang terjadi ketika para peneliti St. Louis University memberikan para wanita yang kelebihan berat dengan sarapan berupa 2 butir telur dalam bentuk scramble egg dan 2 potong roti panggang.

  • Simpan makanan penggoda jauh-jauh. Sebagai contoh, pskilog makanan di Cornell University, Brian Wansink, PhD, meletakkan makanan favorit dan minuman bersoda miliknya di lantai bawah rumah.  Pada saat lapar, Wansink pun jadi merasa malas untuk turun tangga dan memilih minum air putih di dapurnya.
  • Cukupkan waktu tidur. Orang-orang yang tidak mendapatkan 8 jam waktu tidur sehari mengalami peledakan hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan, demikian menurut para peneliti.
  • Gunakan aroma favorit. Ketika para ilmuwan meneliti kegiatan otak pada orang-orang yang makan beragam makanan, mereka menemukan bahwa otak bereaksi sama terhadap makanan seperti halnya terhadap aroma. Jika Anda sudah mulai merasa lapar, nyalakan aroma kesukaan Anda untuk menguranginya.
  • Hidangkan sedikit saja. Semakin sedikit makanan yang terhidang di hadapan, maka semakin sedikit kita akan makan. Ketika memesan makanan di restoran, sebaiknya bungkus separo makanan yang dipesan untuk dibawa pulang sebelum dihidangkan agar bisa dimakan keesokan harinya.
  • Makan dengan cahaya terang. Seseorang biasanya mengonsumsi lebih sedikit kalori jika duduk di meja makan dengan penerangan yang cukup daripada di meja yang agak remang. “Di bawah cahaya, seseorang lebih sadar dan khawatir bahwa kemungkinan tamu di meja lain sedang mengawasi apa yang ia makan,” jelas Wansink.
  • Makan sambil ngobrol. Ternyata kebiasaan ini ada sisi baiknya, terutama jika dilakukan bersama teman dengan topik obrolan seru. Ngobrol dengan teman-teman sambil makan membuat Anda hanya memiliki sedikit kesempatan untuk menyuapkan makanan ke dalam mulut. Pada saat teman selesai makan, sudahi juga makanan Anda.
  • Duduk waktu makan. Jika Anda memilih duduk sewaktu makan, maka Anda pun akan makan lebih sedikit dibanding jika berdiri.
  • Penuhi perut dengan sup. Jika Anda mengawali makan siang dengan 130 kalori sup sayuran, maka Anda pun akan makan 20% lebih sedikit kalori pada saat makan siang.
  • Sedikit pilihan makanan. Satu bungkus makanan, kue atau permen yang memiliki beragam pilihan dapat membuat Anda ingin mencoba semua pilihan rasanya. “Efeknya sangat luar biasa saat beberapa orang diberikan 10 warna dan bentuk cokelat kecil untuk dikudap, mereka pun makan 30% lebih banyak cokelat!

Sumber : Prevention Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s