Ingin Punya Bisnis Sendiri

Memiliki bisnis sendiri adalah keinginan banyak orang. Sayangnya keinginan tinggal keinginan. Banyak orang yang sudah bertahun-tahun mengatakan ingin memiliki bisnis tetapi bisnis tidak dimilikinya juga.

Tapi… membangun bisnis itu tidak mudah.” Kata mereka.

Saya setuju. Memiliki bisnis sendiri memang tidak mudah. Berbeda dengan kebanyakan pelatih lainnya yang selalu mengatakan mudah, saya mengatakan tidak mudah. Tapi… saya yakin semua orang bisa membangun bisnis sendiri. Kuncinya ialah tahu caranya.

Tidak ada bisnis yang mudah. Saya ulangi, tidak ada bisnis yang mudah. Untuk memiliki bisnis sendiri ada dua pilihan yang bisa kita lakukan.

Pertama:

Kita membangun bisnis sendiri yang mudah memulainya. Mungkin bisnis yang tidak memerlukan keterampilan tinggi dan modal yang sedikit. Mudah? Tidak, sebab orang lain pun akan mudah memulai bisnis yang sama dengan kita. Akhirnya akan banyak orang yang menjalankan bisnis yang sama, berebut pangsa pasar dan margin keuntungan yang kecil. Bisnis seperti ini tidak mudah untuk sukses bahkan sekedar untuk bertahan. kita harus melakukan usaha ekstra untuk membesarkannya.

Kedua:

Kita membangun bisnis yang sedikit persaingannya. Biasanya bisnis yang memerlukan modal besar dan/atau sulit dilakukan. Orang lain akan sulit meniru bisnis kita sehingga persaingan tidak terlalu ketak. Untuk memulai bisnis seperti ini biasanya lebih sulit. Tetapi untuk berhasil akan jauh lebih mudah karena saingan sedikit.

Kitaa bisa saja memiliki bisnis sendiri yang mudah dimulainya. Dengan penghasilan yang kecil dan dijalankan sendiri. Meski pun ada yang mengatakan bahwa hal seperti ini bukanlah bisnis. Ini adalah dagang. Tetapi tidak apa-apa untuk langkah awal. Dagang memang langkah awal untuk menjadi pebisnis.

Yang penting adalah kita jangan berhenti sampai disana. Jika awalnya kita sebagai seorang pedagang pulsa, maka miliki visi untuk menjadi juragan pulsa. Jika awalnya kita berdagang bakso, maka miliki visi untuk menjadi juragan bakso. Sudah banyak contoh orang yang sukses dengan cara seperti ini. kita pun bisa, kita pun bisa memiliki bisnis sendiri yang besar.

Jadi, tak alasan untuk menunda atau menyerah untuk terus berusaha memiliki bisnis sendiri.

(Artikel khusus ditulis buat sahabat saya, teman saya yang selalu berbagi cerita dan inspirasi untuk memiliki usaha sendiri, Mari berjuang sahabat)….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s