Jaga Gula, Sehatkan Jantung…

Aterosklerosis adalah pengapuran dinding pembuluh darah arteri. Hal ini disebabkan adanya peradangan sehingga terjadi proses pembekuan darah berlebihan pada dinding pembuluh darah maupun penumpukan plak di dinding pembuluh darah akibat kadar kolesterol dan gula tinggi dalam darah.

Timbunan bekuan darah maupun plak bisa runtuh. Runtuhan plak yang terbawa aliran darah bisa menyumbat pembuluh darah yang lebih kecil dan menyebabkan serangan jantung bila terjadi di pembuluh darah jantung atau stroke jika terjadi di pembuluh darah otak. Kedua hal itu bisa menyebabkan kematian.

Pengapuran dinding pembuluh darah sering tidak menimbulkan keluhan. Sedang gejala penyumbatan pembuluh darah jantung adalah rasa nyeri menusuk yang menjalar ke perut atas, bahu, leher, rahang bawah dan tangan kiri atau dada serasa tertimpa beban berat. Penyumbatan pembuluh darah otak menimbulkan gejala gangguan bicara dan kelumpuhan bagian tubuh tertentu. Penyempitan pembuluh darah di kaki dapat menyebabkan rasa nyeri pada tungkai saat berjalan kaki

Faktor yang menyebabkan terjadinya aterosklerosis ada banyak sebab : tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, hiperfibrinogenemia, kadar gula darah yang tinggi (diabetes), kadar asam urat yang tinggi. Faktor lainnya ialah keluarga/ usia, faktor peradangan/ infeksi, hiperhomosisteinemia dan kebiasaan buruk merokok.

Upaya pencegahan aterosklerosis dapat dilakukan. Melakukan olahraga selama 30 menit tiga-empat kali seminggu adalah suatu kebutuhan. Pola makanan sehat yaitu bervariasi, rendah lemah dan tinggi serat. Jauhi kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras karena hal ini juga mengundang terjadinya aterosklerosis.

Sekarang anda tahu kenapa menjaga dosis gula yang anda makan akan menolong menjaga kesehatan jantung anda khan?!.

Sumber: kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s