Mengasah Daya Ingat

Anda nggak mau kan jadi pelupa? So, Anda yang mulai dihantui gejala-gejala pelupa, waspadalah. Segera lakukan strategi untuk mengasah daya ingat Anda. Berikut ini adalah enam strategi untuk mempertajam daya ingat Anda:

Olahraga secara teratur
Para dokter dan pakar kesehatan mengatakan bahwa olahraga dapat melancarkan dan memperbaiki sirkulasi darah ke otak. Hal ini akan memberi pengaruh positif pada otak. Otak dapat bekerja lebih segar sehingga akan memudahkan Anda untuk mengingat segala sesuatu yang akan dan sudah Anda lakukan.

Jangan terjebak oleh rutinitas
Carilah dan lakukan hal-hal baru. Rutinitas yang menjemukan membuat otak Anda jenuh. Sedangkan pengalaman dan hal-hal baru akan menyegarkan pikiran Anda. Dan Andapun terhindar dari penyakit lupa. Bahkan ahli medis mengklaim bahwa pengalaman baru dapat mencegah penyakit alzheimer’s.

Jangan panik
Saat Anda dilanda stres akibat pekerjaan yang menumpuk atau deadline yang mendesak atau dalam keadaan yang membingungkan, jangan panik. Atasi kepanikan Anda dengan bersikap tenang, hirup nafas dalam-dalam dan katakan pada diri sendiri “Don’t worry be happy..” Sikap yang tenang mempengaruhi daya kerja otak Anda.

Hiduplah secara teratur dan terencana
Kondisi ini akan membuat Anda mengingat sesuatu dengan mudah. Misalnya Anda terbiasa berangkat ke kantor jam 7 pagi, Anda selalu meletakkan kunci mobil di tempat yang sama setiap hari, dsb.

Lakukan visualisasi
Lakukan visualisasi yang berhubungan dengan sesuatu yang Anda ingat. Misalnya ketika Anda mengingat seminar yang akan diselenggarakan besok, bayangkanlah suasana seminar dengan jumlah peserta sekian dan siapa saja pembicara yang hadir dalam seminar itu.

Biasakan mencatat
Biasakan mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan janji. Tempelkan catatan tersebut di meja kerja Anda atau di cermin rumah Anda. Ini merupakan cara yang paling efektif agar Anda tidak lupa dengan semua janji yang telah Anda buat.

Satu hal lagi yang cukup penting agar daya ingat Anda senantiasa ‘fresh’ adalah berpikir positif. Jangan bebani pikiran Anda dengan hal-hal negatif tentang hidup ini dan orang lain. So Anda akan terhindar dari penyakit kelupaan di (pikun).(dni/cnj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s