Diam Itu Emas, Bicara yang Baik Itu Permata

Diam! Tanpa sadar , banyak diantara kita sangat pandai berbicara, namun dalam konteck bekerja dan berkarya. Sering Anda berbicara dan berteori, berfilsafah , dan menghabiskan waktu serta tenaga hanya untuk menganalisa masalah-masalah dan memperbincangkan saja.
Atau lebih parah lagi , anda hanya berbicara pada soal-soal yang tidak bermanfaat. Gossip, infotainment murahan, ngerumpi, membicarakan tetangga, rekan kerja, sahabat , atasan, atau mantan sahabat atau kekasih anda.
Diam tidak bicara adalah pilihan bijak untuk anda dalam suatu kekacauan , kegelisahan ataupun amarah.karena Diam bisa menjadi kontribusi untuk menyelesaikan masalah.
Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir atau membingungkan orang.Tapi lebih dari segalanya. diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya “ruang” .terlebih kalau kita sehari-hari terbiasa menasehati, mengatur , mengkritik bahkan mengomeli.
“diam “itu emas, namun Bicara baik dan benar itu Berlian.
Inilah ungkapan yang sangat tepat untuk alat bicara kita, anda memiliki sesuatu yang baik dan benar ..? silahkan bicara. Jika tidak , sangat bagus jika anda diam.
Tuhan menciptakan hanya satu mulut, sedangkan mata dan telinga masing-masing dua. Orang bijak mengatakan , agar kita lebih banyak melihat dan mendengar dibanding berbicara.
Keseimbangan antara bicara dan diam adalah kunci sukses kedalaman siapa anda.anda harus tahu kapan anda bicara dan kapan harus diam. keseimbangan ini hanya anda yang tahu. Coba renungkan …Jika saat ini anda terlalu diam dan kurang bisa bicara, maka belajarlah untuk mengeluarkan pendapat anda !namun bila anda sudah terlalu banayk bicara , maka sebaiknya anda diam.!
Segera berubahlah menuju titik keseimbangan dalam diam dan bicara. Perbanyak pula keheningan dalam lingkungan anda, agar untuk mendapatkan kejernihan berpikir, kejernihan dalam mengambil keputusan.
Silence is the true friend that never betrays. Diam, akan memberi ruang untuk anda. Diam , akan memberi ruang untuk lingkungan anda.Diam, akan memberi ruang untuk telinga anda untuk mendengar: mendengar kebijakan , mendengar keindahan, mendengar kebaikan , mendengar bisikan -bisikan hati nurani , bahkan mendengar kesuksesan.
Diam! jangan berpikir
Perbanyak gunakan hati
Diam !jangan mengeluh
perbanyak mensyukuri dengan apa yang telah anda miliki
Diam! jangan mengatur
Perbanyak memberi ruang dan kebebasan
Diam ! jangan mengkritik
Perbanyak merenung dan memperbaiki diri
Diam! berhentilah berbicara
Perbanyak menikmati ketenangan
Dari pada seribu kata yang tidak berarti
lebih baik sepatah kata yang penuh arti
Yang dapat membuat sipendengar penuh damai.
Semoga bermanfa’at…..
πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

4 thoughts on “Diam Itu Emas, Bicara yang Baik Itu Permata

  1. ary says:

    diam itu emas, bicara yang baik itu berlian, lebih berharga dari emas.
    terima kasih atas inspirasinya. artikel yg bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s