Berubah Untuk Maju

“Sesungguhnya Allah SWT tidak akan pernah merubah nasib suatu kaum (seseorang), hingga kaum (orang) tersebut mengubah nasibnya sendiri”( Al-Qur’anul Karim).

Saya meyakini kita semua pasti sudah pernah atau bahkan sering mendengar penggalan ayat tersebut.

Penggalan ayat diatas  memberi kita sebuah penjelasan bahwa perubahan untuk diri kita, baik itu untuk kebaikan maupun hal lainnya haruslah dimulai dari diri kita sendiri. Orang lain hanya bersifat mendukung dan membantu. Adanya perubahan diharapkan dapat membuka jalan menuju suatu kesuksesan.

Ada beberapa hal atau panduan (lebih tepatnya) untuk melakukan perubahan tersebut.

  1. Petakan masalahnya. Temukan akar permasalahan dengan cara mempersempit permasalahan, mana masalah yang sangat penting dan mana masalah yang kurang penting dan buat prioritas.kemudian carilah penyebab terjadinya masalah tersebut.
  2. Cari apa yang ingin anda rubah. Jangan sampai anda tidak tahu apa yang anda ingin rubah. Apakah kita ingin merubah bentuk fisik, kebiasaan, kondisi psikologis, atau sikap dan mental anda. Kuatkan niat/ tekad, karena niat/ tekad inilah yang selanjutnya jadi penentu.
  3. Pahami ilmunya. Ilmu sangat dibutuhkan sesuai dengan apa yang ingin kita ubah, asah kemampuan untuk mengelola diri kita, belajar yang rajin (bisa melalui membaca, mendengarkan atau hal-hal lainnya) dimaksudkan untuk menambah luas wawasan kita. Karena dengan ilmu, hidup kita akan menjadi lebih mudah.
  4. Buat program. Program dapat memberi kita arah yang jelas, apa yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan kita. Susunlah program kerja dengan tegas dan jelas. Buat program kerja jangka pendek, menengah dan panjang.
  5. Berjuang. Semua program/ rencana yang telah disusun tidak akan ada gunanya tanpa tindakan. Tindakan inilah yang menentukan sukses tidaknya perubahan yang kita inginkan. Perlu diingat, dalam perjuangan dibutuhkan pengorbanan dan waktu yang tidak sedikit.
  6. Tingkatkan prestasi. Satu prestasi yang kita raih secara langsung maupun tidak langsung akan dapat mendorong prestasi lain yang lebih besar. Oleh karena itu tingkatkan prestasi yang pernah diraih untuk menapatkan prestasi yang lebih baik lagi dalam rangka mencapai kesuksesan.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s