Kiat Mengundurkan Diri

Apa yang akan anda lakukan jika anda sudah merasa tidak nyaman, tidak ‘sreg’, pada pekerjaan anda sekarang? Apa yang akan anda lakukan jika anda sudah mendapatkan pekerjaan yang “lebih” baik secara salary/ income maupun gengsinya dari tempat anda bekerja sekarang? Satu jawaban yang pasti langsung terbersit dalam benak anda pasti mengundurkan diri/ resign dari tempat anda bekerja sekarang.

Dalam banyak kasus di tempat kerja banyak sekali orang yang merasa enggan atau ragu untuk mengajukan pengunduran diri mereka, dengan berbagai alasan, seperti takut tidak di acc, atau dipersulit dalam prosesnya. Namun satu hal yang perlu kita ketahui bahwa mengundurkan diri merupakan hak setiap karyawan, perusahaan tidak punya hak untuk menghalangi-halangi, selama anda tidak ‘bermasalah’.

Nah, berikut penulis memiliki beberapa tips/ kiat supaya pengunduran diri kita terlihat elegan dan mulus-mulus saja.

  1. Buat janji untuk berbicara secara personal dengan atasan anda untuk membicarakan tentang niat anda mengundurkan diri. Berbicaralah dengan baik-baik dan ceritakan alasan-alasan, atau jika anda ingin lebih formal anda bisa menulis surat pengunduran diri anda disertai dengan alasan pengunduran diri dan ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.
  2. Tahan mulut anda, jangan sampai niat anda untuk mengundurkan diri terdengar atau sampai keatasan anda dari orang lain. Pokoknya jangan gembar-gembor kesana kemari tentang rencana anda sebelum anda berbicara dengan atasan anda.
  3. Selesaikan tugas dengan baik dan tetap disiplin. Jangan mentang-mentang anda mau mengundurkan diri anda jadi leha-leha, sering datang terlambat ke tempat kerja. Bersikaplah normal, hal ini demi menjaga nama baik anda di perusahaan.
  4. Jujur dan terbuka tentang alasan anda mengundurkan diri/ resign. Ini penting, jangan sampai anda jadi malu sendiri karena alasan anda mengundurkan diri tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya melatarbelakangi pengunduran diri anda.
  5. Mintalah Surat Referensi/ Surat Keterangan/ Paklaring dari atasan anda. Hal ini untuk mempermudah anda dalam mencari pekerjaan selanjutnya. Ingat, bahwa Surat Referensi/ Surat Keterangan Pengalaman Kerja akan meningkatkan kualifikasi anda di dunia kerja.
  6. Tetap menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan di tempat kerja sebelumnya. Hal ini selain untuk menjaga tali silaturahmi, pertemanan, persahabatan, kekeluargaan dan keakraban juga untuk menjaga relasi kerja. Karena kita tidak akan pernah tahu teman kita yang mana yang akan membawa rezeki bagi kita.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan dan persiapkan dalam rangka pengunduran diri anda. Salam Sukses!!! (dni/cnj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s