Hidup Adalah Pilihan

Pilihan Hidup, Jalan Hidup

Hidup adalah sebuah pilihan, mau tak mau kita harus mau dan bisa memilih. Hal sesuai apa yang kita tuju dalam hidup. Orang mengartikan hidup dengan beraneka ragam, ada yang menganggap hidup adalah sebuah perjuangan, berjuang pada apa yang kita tuju, bisa uang, kebahagian, kebersamaan, dan kedamaian. Namun kita sangatlah bebas mengartikan atau mendefinisikan apa itu uang apa itu kebahagian dan apa itu kedamaian. Walapun kadang ketiga sangat berkorelasi namun kadang juga ketiganya merupakan yang berbeda. Tapi yang jelas ketiganya sangatlah berhubungan, walupun ada beberapa orang yang menyangkalnya tapi orang-orang yang seperti ini sangatlah sedikit dan “hampir” tidak ada.

Tujuan hidup setiap individu tentu akan berbeda meski ada kesamaan, perbedaan tersebut tentu sangat tergantung pada sudut pandang individu-individu tersebut pada tujuan hidupnya. Untuk itulah manusia yang diberikan akal dan pikiran, sehingga setiap manusia memiliki pandangan, cara dan dunianya masing-masing, yang sangatlah mustahil akal dan pikiran manusia itu di samakan karena manusia itu bukanlah robot yang bisa sama. Maka sangatlah patutlah kalau kita sebagai manusia haruslah sadar bahwa kita tidak mungkin sama 100% dengan manusia lain, walaupun kadang kita dilahirkan dalam keadaan kembar, tetap manusia mempunyai dunianya masing-masing. Dan kita harus menghormati keragaman tersebut sebagai sebuah anugerah.

Hidup ini rasanya terlalu sayang untuk kita lewatkan begitu saja. Ada banyak hal yang bisa lakukan untuk mengisinya, perbuatan positif/ baik untk hasil yang baik perbuatan negatif/ tercela untuk hasil akhir yang tidak baik pula. Semua pilihan ada didiri kita, sekali lagi hidup ini adalah pilihan, kita diberi keleluasaan untuk memilih. Namun demikian, alangkah bijak da baiknya jika kita memilih yang positif/ baik.

Banyak orang yang menyia-nyiakan hidupnya untuk sesuatu yang sesungguhnya tidak bermakna, hanya angina lalu. Bergumul dengan kejahatan, bersatu dengan keburukan. Semoga mereka-mereka segera dibukakan mata hatinya. Andai saja semua orang memilih kebaikan dalam hidupnya, betapa indahnya hidup ini. Namun, kembali lagi kebaikan dan keburukan itu merupakan bumbu, polesan kehidupan. Tanpa itu semua mungkin hidup ini akan hambar.

Yang terpenting bagi kita adalah jalan yang kita pilih, hidup yang kita pilih. Yaitu jalan yang baik dan benar, hidup yang baik dan benar. Mengapa baik dan benar??? Dalam pengamatan saya di sekitar kita banyak hal yang dianggap baik namun belum tentu benar. Semuanya sangat relatif. Hal yang baik belum tentu benar.(dni/cnj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s