Mengikis Insomnia

Tidur, biasanya akan menjadi penutup hari bagi kebanyakan orang. Tidur juga merupakan sebuah aktivitas untuk mengendurkan kembali ketegangan yang terjadi sepanjang hari. Namun, ternyata pada realitanya banyak orang yang tidak bisa begitu saja memejamkan mata dan tidur dengan nyenyak saat malam menjelang.

Sehingga muncul istilah insomnia. Banyak orang mengeluh karena mereka mengalami gangguan susah tidur ini, dan tentu saja imbasnya akan dirasakan esok hari. Badan terasa lemas dan ngantuk, intinya ‘ga fit’. Kalo sudah seperti ini biasanya obat-obatan atau suplemen untuk memudahkan tidur atau obat penenang menjadi sahabat bagi mereka yang mengalami gangguan ini.

Namun, tahukah kita bahwa sesungguhnya ganggua insomnia merupakan sebuah gangguan yang disebabkan oleh ‘kebiasaan buruk’ kita. Kita sering ‘melamun’, mengkahwatirkan esok, yang ujung-ujungnya pikiran kita menjadi tidak tenang dan gelisah. Inilah penyebab kebanyakan orang mengalami gangguan susah tidur.

Dari itu rasanya jika kita sudah tahu penyebab suatu gangguan akan sangat gampang untuk mengatasinya. Tak perlu obat, tak perlu dokter, tak perlu psikolog, kita hanya perlu diri kita sendiri. Ya, karena semua berasal dari kita. So, yakinlah bahwa kita bisa mengobati insomnia tersebut secara ‘alami’.

Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi gangguan insomnia tersebut:

Pertama, berdo’a sebelum tidur. Ini penting, karena dengan berdo’a kita akan menjadi tenang dan pikiran kita akan rileks.

Kedua, pastikan lingkungan dan diri anda bersih. Baik tempat tidur, kamar tidur maupun diri anda sendiri. Lingkungan yang kotor akan membuat kita tidak nyaman dan ‘risih’. Diri kita pun harus bersih, coba saja rasakan perbedaan tidur kita saat kita tidur sehabis mandi dan saat kita tidur dengan badan yang lengket karena belum mandi.

Ketiga, mempersiapkan dan menjaga pikiran anda untuk tidur malam dengan baik. Jangan biarkan apa pun untuk merangsang Anda secara mental maupun fisik sebelum anda pergi tidur. Ini mencakup hal-hal yang kebiasaan anda nonton tv hingga larut malam, atau hal-hal yang mungkin Anda baca. Berkonsentrasi pada hal-hal yang santai dan membiarkan pikiran Anda melayang untuk menenangkan pikiran. berkonsentrasi menenangkan pikiran akan membantu Anda untuk tidur sepanjang malam. Siapkan “tema lamunan” yang membuat anda santai saat beranjak tidur.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur kita, mengurangi gejala insomnia. Semoga bermanfaat. (dni/cnj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s