Bersin

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Bersin

Bersin merupakan respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri itu.

Syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling bertautan, sehingga pada saat kita bersin, itulah kenapa ketika kita bersin secara otomatis mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.

Disamping itu, ketika kita bersin secara otomatis otot-otot yang ada di muka kita akan menegang, dan jantung pun akan berhenti berdenyut/ berdetak dalam waktu yang singkat. Saat bersin selesai maka semua aktivitas tubuh pun akan kembali normal, jantung akan kembali berdetak, oto-otot dimuka pun akan kembali normal.

Dalam ajaran Agama Islam setelah kita bersin, kita disarankan untuk mengucapkan “Alhamdulillah”, hal ini dikarenakan selama kita bersin jantung kita telah berhenti berdetak, dan bisa kembali berdetak setelah bersin tersebut berhenti.

Selain berhentinya detak jantung saat kita bersin, mata kita pun ikut bereaksi yaitu dengan terpejam. Hal ini dikarenakan kuatnya tenaga yang kita keluarkan saat kita bersin. Dan konon jika kita tidak memejamkan mata saat bersin, mata kita bisa “meloncat” keluar. Entah benar atau tidaknya tentang hal ini.

Bersin, Kepercayaan dan Aspek Budaya

Pada 400 SM jenderal Athena Xenofon memberikan pidato dramatis yang mengimbau anggota-anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia. Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena, sampai seorang tentaranya menggarisbawahi kesimpulannya dengan sebuah bersin. Karena yakin bahwa bersin ini adalah tanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti perintahnya.

Di Hongaria, Slowakia dan Slovenia dan beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi setelah seseorang membuat pernyataan kadang-kadang ditafsirkan sebagai konfirmasi dari Tuhan bahwa pernyataan itu benar.

Di Jepang, ada kepercayaan bahwa bersin adalah tanda bahwa ada orang lain atau seseorang yang berada jauh daripadanya yang membicarakannya atau menjelek-jelekkannya di belakangnya.

Ada keyakinan umum di India bahwa orang yang bersin mengingat atau diingat oleh orang yang disayanginya. Kebanyakan orang India menganggap bersin sebagai sesuatu yang sehat. Tidak bisa bersin adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Psychology Today melaporkan bahwa para pilmuwan India menyebut ketidakmampuan untuk bersin sebagai “asneezia”; orang India telah lama mempunyai kebiasaan untuk menghirup tembakau sebagai cara untuk menimbulkan bersin secara artifisial.

Etika Bersin dalam Islam

Islam merupakan agama yang sangat lengkap ajarannya, sampai hal terkecil pun ada bahasannya, termasuk untuk bersin. Nah, berikut adalah etika saat kita bersin.

  1. Karena bersin merupakan nikmat, maka kita dianjurkan mengucapkan “Alhamdulillah” setelahnya.
  2. Jika salah satu dari kita ada yang bersin dan mengucapkan “Alhamdulillah” maka ia berhak mendapatkan jawaban “Yarhamukallah”.
  3. Dan orang yang bersin hendaklah balik mendo’akan dengan ucapan “Yahdi kumullah wayushlih lakum balakum”.
  4. Hendaklah menjauh dari keramaian, karena bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.
  5. Menutup Mulut anda, baik dengan tissue, sapu tangan, maupun dengan telapak anda sendiri, alasannya sama dengan point 4.

Demikian, Semoga bermanfaat.(dni/cnj).

Sumbernya

6 thoughts on “Bersin

  1. make the day says:

    Hey just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the pictures aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different browsers and both show the same outcome.

  2. Craig Salehi says:

    I intended to create you the very little word in order to thank you so much yet again on your splendid principles you’ve discussed in this case. It has been extremely generous of people like you to deliver extensively precisely what a number of people could possibly have offered for sale for an e-book to get some cash for their own end, notably given that you could possibly have tried it if you ever considered necessary. Those creative ideas additionally served to provide a great way to be sure that some people have a similar dream really like my very own to grasp lots more when considering this condition. I am sure there are lots of more pleasurable sessions in the future for many who check out your website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s