Tips Menetralisir Stress

Stress adalah keadaan jiwa yang berada dibawah tekanan dan menjadi sesuatu yang  paling populer . Coba kita ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang kita jumpai mengatakan bahwa mereka sedang dalam keadaan tertekan atau mengalami stress atau jangan-jangan kita sendiri sedang mengalaminya?
Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika kita tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, kita akan terkena banyak masalah kesehatan bahkan bisa-bisa kita menjadi gila karenanya.

Stress dalam pengamatan saya ada dua macam, stress di tempat kerja dan stress di kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan orang menjadi stress di tempat kerja, seperti:

  • Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan (under-pressure)
  • Ketidakjelasan tugas (job description) yang diberikan
  • Ketidak nyamanan dengan lingkungan kerjaKurangnya perencanaan kerja
  • Adanya ancaman di kalangan karyawan
  • Teman kerja yang selalu mengganggu
  • Kejenuhan akan pekerjaan yang ada
  • Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
  • dan yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.

Stress di Tempat Kerja

Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.
Jika kita merasakan hal-hal diatas, ada baiknya kita segera merubah pola pikir dan pola kerja kita.

Berikut adalah 9 tips mengatasi stress di tempat kerja :

  1. Rencanakan dengan baik aktivitas kita : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
  2. Pastinya kita di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah yang kita hadapi saat ini.
  3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
  4. Pastikan kita mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab kita, serta jangan ragu untuk bertanya.
  5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama kita bekerja. Santai dan don’t do anything!!!. Ambil nafas dalam-dalam.
  6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.
  7. Delegasikan sebagian tanggung jawab kita kepada anak buah kita (jika memilikinya).
  8. Pertahankan semangat tim kita, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
  9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan tempratur ruangan.

Disamping stress di tempat kerja, di kehidupan secara umum kita pun dapat mengalami stress dengan berbagai alasan.

Berikut adalah 9 tips mengatasi stress dalam kehidupan :

  1. Lakukan pemijitan tubuh (body massage), karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, kita akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan kita.
  2. Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya kita akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.
  3. Lakukan hobi kita, seperti memancing, mendaki gunung atau apapun yang kita senangi. Kita bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah kita alami sebelumnya seperti berarung jeram misalkan.
    Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stress.
  4. Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stress. Pada kenyataannya, air putih lah yang dapat menghilangkan stress. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau 2 gelas anggur memang dapat menyebabkan kita relax saat itu, tetapi setelah efek alkoholnya hilang, stress kemungkinan besar akan membangunkan kita di tengah malam.
    Dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan tubuh kita dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.
  5. Lakukan meditasi. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun kita hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.
    Meditasi akan sangat membantu kita melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.
  6. Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan. Perlu kita ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dimana insulin ini dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mood kita menjadi jelek.
  7. Seks adalah penyembuhan yang sangat baik untuk menghilangkan stress. Banyak dokter mengatakan bahwa seks adalah cara yang luar biasa dalam meredam kemarahan dan stress.
  8. Jika tubuh kita sedang lelah, tidak mudah bagi kita dalam mengendalikan stress. Tidak cukup tidur akan mempengaruhi keseluruhan hari kita, dan biasanya kita mengalami hari yang buruk karena kurang tidur menyebabkan kita tidak dapat berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang seharusnya. Tidur yang baik bagi orang dewasa adalah 7 jam sehari.
  9. Bagi kita yang beragama muslim, Wudlu dan Shalat yang benar akan dapat membuat kita tenang, dan jauh dari stress.  Dari banyak curhatan dan pengalaman pribadi Wudlu dan Shalat banyak membantu saya dalam menurunkan bahkan menghilangkan stress baik didunia kerja maupun dalam kehidupan kita sehari.

Semoga kita bisa me-manage stress kita, sehingga kita akan jauh lebih produktif dari sebelumnya. Semoga bermanfaat.(dni/cnj).

Sumber

3 thoughts on “Tips Menetralisir Stress

  1. Layla says:

    salam kenal, salama hangat dunia blog…
    tips2nya cukup bagus…
    semoga banyak manfaatnya bagi pembaca…
    terus menulis ya???
    jangan menyerah, terus promosikan blognya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s