Gagal & Sukses???

Banyak orang ketika menemukan ‘jalan buntu’ dalam hidupnya, gagal dalam kariernya, mereka menyalahkan orang lain, merasa orang lainlah penyebab kegagalan tersebut, orang lainlah yang bertanggung jawab atas ‘kebuntuan’ jalan hidupnya. Jika saja orang-orang tersebut mau introspeksi diri dan melihat ke dalam dirinya saya meyakini bahwa orang itu tidak akan pernah menyalahkan siapa pun kecuali dirinya sendiri.

Sukses!!!

Kenapa? karena menurut saya diri kitalah penyebab terbesar atas kegagalan dan kebuntuan tersebut. Kita kok yang mengambil keputusan untuk gagal, bukan teman anda, bukan sahabat anda, bukan istri anda, bukan pacar anda, bukan atasan anda, bukan bawahan anda atau siapa pun. Kecuali diri anda sendiri yang dengan sadar mengambil keputusan untuk gagal tersebut.

Kita terlalu gampang untuk menyerah, kita terlalu mudah untuk mengatakan ‘aku gagal’. Pelajaran terbaik yang masih tersimpan hingga kini dibenak saya adalah ketika Thomas Alfa Edison telah ratusan kali gagal dalam percobaannya membuat lampu, ia berkata “Saya tidak gagal! Bahkan saya baru saja berhasil menemukan alasan ke 879 untuk tidak membuat lampu!”.

Inilah contoh orang yang sukses, orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal atau menemukan ‘jalan buntu’, namun orang sukses adalah orang selalu dan selalu berusaha bangkit dan mencari cara baru untuk bisa sukses.

Satu hal yang harus kita pahami, sukses bukanlah nasib. Sukses bukan pula hadiah cuma-cuma yang diberikan Tuhan kepada hamba-Nya yang mudah menyerah. Sukses Adalah sesuatu yang didapat dari kerja keras diiringi do’a. Usaha yang tanpa henti disertai tawakal.

Dalam keyakinan saya sesungguhnya tidak ada orang yang gagal. Yang ada hanya orang yang “memutuskan untuk berhenti” sebelum mencapai sukses.(dni/cnj).

4 thoughts on “Gagal & Sukses???

Leave a Reply

