Jadi Blogger Sejati

Blog merupakan salah satu sarana bagi siapa saja yang ingin membagi ilmu, pengalaman, curhat, mengabarkan peristiwa, dan apa saja termasuk berjualan/ bisnis. Dalam pengamatan saya perkembangan blog terus meningkat dari waktu ke waktu, banyak orang yang penasaran dengan istilah blog. Terlebih setelah banyaknya pemberitaan di Media yang sering menyebut kata-kata ‘blogger’ seperti dalam kasus Prita Mulyasari dengan RS Omni yang terjerat UU ITE dan mendapatkan dukungan dari komunitas blogger di tanah air.

Beberapa waktu yang lewat saya pernah menulis tentang “manfaat nge-blog untuk saya”, kali ini saya terpikir untuk membuat sebuah tulisan tentang bagaimana supaya kita bisa disebut sebagai blogger baik blogger sejati maupun sebutan lainnya.

"Blogger Sejati"

Yang kemudian apa sich makna sesungguhnya dari blogger sejati?, Bagi saya Blogger sejati adalah Blogger yang aktif memposting tulisan atau berbagi apa saja di blog/ web yang ia miliki atau kelola dengan tulisan/ konten yang berasal dari ide, kreatifitas dan pemikirannya sendiri (bukan copy paste) dan selalu meneyertakan referensi baik link maupun apa saja yang menjadi rujukannya dalam menulis secara jelas.

Lalu langkah apa saja yang bisa membuat seorang blogger disebut sebagai blogger sejati?. Saya memiliki beberapa catatan kecil tentang langkah-langkahnya, antara lain:

  1. Menulis, ya menulis! salah satu kegiatan yang menjadi ciri khas blogger adalah menulis. Menulis tentang apa saja, karena di dunia blog anda bebas berekspresi.
  2. Perhatikan etika nge-blog, meski didunia blog anda bebas berekspresi namun tentu saja ada etika yang harus kita patuhi. Karena sesungguhnya di dunia blog kita akan sering berkomunikasi dan berhubungan melalui tulisan, komentar dan blogroll/ link dengan blogger lainnya. Dari itu dalam menulis kita harus memperhatikan etika, jangan menulis masalah SARA, atau menyerang pribadi/ orang lain.
  3. Menulis, menulis, menulis, menulis dan terus menulis, inilah kunci utamanya. Terus menulis! Banyak teman yang merasa bingung dengan topik apa yang akan mereka tulis di blog mereka hingga ujung-ujungnya blog mereka berstatus ‘mati suri’ karena kehabisan ide. Sesungguhnya ide untuk menulis itu sangatlah banyak. Bisa dari berita baik dari media cetak maupun elektronik. Kita bisa mengulasnya dari perspektif kita. Dari pengalaman kita pribadi, dari pengalaman teman, dan banyak lagi. Tinggal bagaimana kreatifitas kita dalam mengolah kata.

Tiga (3) poin diatas menurut saya merupakan langkah yang bisa ambil supaya kita mendapatkan gelar Blogger sejati.

Semoga Bermanfaat. (dni/cnj).

13 thoughts on “Jadi Blogger Sejati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s