Tidur merupakan salah satu episode dari perjalanan kita dalam menjalani hari-hari. Tidur merupakan salah satu sarana yang Tuhan ciptakan untuk membantu kita membuang rasa capek setelah beraktivitas. Namun ternyata dalam tidur kita sering mengalami berbagai gangguan, seperti susah tidur, ngelindur, bergumam dan lain sebagainya.

Nah, berikut beberapa gangguan yang sering datang mengganggu tidur kita:

Somnambulisme
Adalah suatu keadaan perubahan kesadaran, fenomena tidur bangun terjadi pada saat bersamaan. Sewaktu tidur, penderita kadang melakukan aktivitas motorik yang biasa dilakukan seperti berjalan, berpakaian atau pergi ke kamar mandi, berbicara, menjerit, bahkan mengendarai mobil. Akhir kegiatan tersebut kadang penderita terjaga, kemudian sejenak kebingungan dan tertidur kembali. Ia tidak ingat kejadian tersebut. Inilah yang disebut oleh kita sebagai ngelindur.

Night terror
Biasanya terjadi pada sepertiga awal tidur, dengan gejala tiba-tiba bangun dengan teriakan, kepanikan atau menangis disertai ketakutan dan kecemasan. Penderita kadang terjaga, tetapi mengalami kebingungan dan disorientasi. Pada saat serangan, sulit dibangunkan atau ditenangkan. Gejala yang ini kita sering menyebutnya menggumam.

Sedangkan nightmare adalah tidur dengan mimpi yang menakutkan. Akibat mimpinya yang menakutkan itu penderita akan terbangun dalam keadaan ketakutan. Mereka yang sering mengalami episode nightmare dalam hidupnya mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengalami gangguan skizofrenia, namun juga mereka ini adalah orang yang kreatif dan artistik.

Susah Tidur (Insomnia)
Yaitu kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Keadaan ini adalah keluhan tidur yang paling sering dapat bersifat sementara maupun persisten. Periode singkat insomnia paling sering berhubungan dengan kecemasan, baik yang berhubungan dengan pengalaman yang mencemaskan atau dalam menghadapi suatu pengalaman yang menimbulkan kecemasan.

Mudah tertidur (Hipersomnia)

Tidur Pulas

Gangguan akibat tidur yang berlebihan disebut hipersomnia. Yang termasuk kelompok ini antara lain sleep apnea, narkolepsi, nocturnal myoclonus, OSA. Jika seseorang tidak dapat tidur dalam, tahap REM pun tidak akan terjadi, ketika bangun merasa lelah. Gejala utamanya mengantuk di siang hari.

Parasomnia
Yaitu setengah tidur, setengah terjaga, biasanya merupakan fenomena gangguan tidur yang tidak umum dan tidak diinginkan yang tampak secara tiba-tiba selama tidur, atau yang terjadi pada ambang antara terjaga dan tidur. Paling sering muncul dalam bentuk mimpi buruk yang ditandai dengan mimpi lama dan menakutkan. Biasanya orang terduduk di tempat tidur dengan ekspresi ketakutan, berteriak dengan keras seperti sedang mengalami teror.

Nocturnal myoclonus
Adalah keadaan di mana terdapat pergerakan periodik dari tungkai ke bawah ketika tidur.

Itulah beberapa gejala gangguan tidur yang umum terjadi. Jika anda merasa memiliki salah satu dari gangguan tersebut ada baiknya anda segera berkonsultasi, karena jika dibiarkan lama-lama akan sangat mengganggu.

Sumbernya

Advertisements