Keadilan Manis, Asam, Asin, Pahit!

Keadilan seharusnya adil! kita semua setuju dengan kalimat tersebut. Namun, miris rasanya ketika kita melihat realita yang ada saat ini terutama di negeri kita Indonesia. Keadilan hanya jadi jargon tanpa makna, sehingga keadilan di Indonesia tidak pernah adil lagi. Keadilan sepertinya sudah mati, sudah tidak bisa dirasakan lagi keberadaannya.

Simbol Keadilan

Keadilan di Indonesia memiliki rasa yang beragam dan unik. Setiap orang yang pernah berhubungan dengan “pengadilan” tentu pernah merasakan uniknya rasa keadilan di negeri ini. Keadilan di Indonesia terdiri dari berbagai rasa, ada rasa manis, asam, asin, bahkan rasa pahit. Ramai rasanya!

Keadilan akan terasa manis bagi mereka yang memiliki uang, jabatan dan kekuasaan. Tengok saja Anggodo, Jaksa Ester dan nama-nama lain yang mendapatkan keadilan rasa manis. Anggodo sampai hari ini belum juga ditetapkan sebagi tersangka, padahal jelas-jelas dan nyata dia berbuat kesalahan yang salah. Jaksa Ester, sudah jaksa, maling pula dengan menggelapkan barang bukti berupa barang haram ratusan butir. Hukumannya Cuma 1 tahun, Hebat!

Sedangkan keadilan rasa asam, asin, dan pahit hampir semua ‘jelema leutik’ (orang kecil) yang pernah berurusan dengan pengadilan hampir dipastikan sudah merasakannya. Ambil contoh Nenek Minah, dengan kasus buah kakao-nya. Basar Suyanto dan Kholil. Keduanya terpaksa berurusan dengan polisi karena kedapatan mencuri sebuah semangka. Keduanya sempat merasakan pengapnya ruang tahanan, sebelum akhirnya divonis bebas oleh Pengadilan Negeri Kediri. Keluarga Basar pun mengaku sempat ditipu anggota polisi membayar Rp1 juta agar kasusnya dihentikan.

Heh, saya jadi berpikir kalo gitu mending dibikin permen aja kali ya itu pengadilan/ keadilan. Buat nyaingin salah satu merk permen yang “rame rasanya”.

Keadilan yang tak pernah adil!, kita semua masih menantikan keadilan yang benar-benar adil. (dni/cnj).

4 thoughts on “Keadilan Manis, Asam, Asin, Pahit!

  1. Kingkong says:

    Yuk,kita bikin za pabrik permennya kang…pasti laku!HagHagHag,jaksa+hakimnya udah buta,masti rasa! 3:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s