Mitra Alam Munggaran (MAM), sebagai salah satu tulang punggung pelaksanaan program pembangunan di Desa Mandamekar memiliki peran yang sangat vital. Dalam perjalanannya sejak didirikan sekitar tahun 2007 hingga saat ini Organisasi/ perkumpulan ini belum memiliki payung hukum (Badan Hukum) yang kuat.

Pertemuan Anggota "Mitra Alam Munggaran"

Mengingat pentingnya peran Mitra Alam Munggaran dalam proses pembangunan di Desa Mandalamekar,  pada tanggal 31 Desember 2009 s/d 02 Januari 2010 seluruh anggota Mitra Alam Munggaran mengadakan pertemuan untuk membahas berbagai hal berkaitan dengan rencana dan progress kerja Mitra Alam Munggaran untuk ikut mendorong dan mewujudkan Visi Desa Mandalamekar sebagai desa berkembang pada tahun 2016, desa pariwisata pada tahun 2020 dan desa mandiri pada tahun 2025.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, seperti ulama, tokoh masyarakat dan para pemuda tersebut juga dibahas berbagai persoalan dalam pembangunan Desa Mandalamekar, seperti: kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan yang dimiliki oleh Desa Mandalamekar.

Antusiasme warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan Desa dapat dilihat dari banyaknya peserta yang hadir dalam forum ini, warga dari tiap-tiap kepunduhan mengirimkan perwakilannya masing-masing.

Ajengan Ruhama sebagai Ketua MUI Desa Mandalamekar menyatakan senang dan bangga atas tingginya anemo masyarakat Desa Mandalamekar dalam pertemuan tersebut. “ini menjadi indikator bahwa partisipasi warga dalam pembangunan sangatlah tinggi”, imbuhnya.

Pertemuan yang dilakukan di kantor Desa Mandalamekar selama 3 hari tersebut juga menghasilkan beberapa point kesepakatan, seperti: pembagian tugas dengan job desc-nya, rencana AD/ART dan rencana pembentukan kepengurusan MAM.

Advertisements