Twitter, Luna Dan ITE

Kasus yang menjerat dan melilit artis Luna Maya yang berhadapan cukup unik dan membuat perdebatan dikalangan pers itu sendiri. Kubu pers terbelah menjadi dua, ada yang pro melanjutkan proses hukum ada juga yang menuntut perdamaian dengan melakukan mediasi agar terjadi perdamaian.

Jika dilihat dari kacamata saya sebagai awam, kasus ini sungguh menggelikan. Bagaimana tidak, saya ibaratkan seseorang yang gemar meng-kritik, dan menyiarkan aib dan privacy seseorang merasa terhina dan marah ketika ada orang yang balik meng-“kritik” mereka.

Jika kita “telanjangi” masalah status atau tulisan Luna Maya di twitter ada beberapa hal yang akan saya tulis:

  1. Benarkah akun tersebut akunnya Luna Maya?, jika kita perhatikan di jejaring sosial ini (twitter) ada 3 akun yang mengaku sebagai Luna Maya yaitu : LunnaMaya, Lunmy dan Lunmay2. Sedangkan akun yang dianggap bermasalah dengan rekan-rekan dari infotainment adalah akun “Lunmy”. Nah, lalu benarkah itu akunnya Luna Maya? karena di jejaring sosial seperti twitter atau apapun semua orang bisa jadi apa saja dan bisa jadi siapa saja. Saya pun bisa menjadi siapa saja yang saya inginkan, tinggal ganti nama, info profil dan photo profil, beres!

  2. Benarkah ada penghinaan atau pencemaran nama baik?, Jika benar ada, bukankah Luna Maya telah meminta maaf dengan kalimat : “Maaf yaa semua untuk twit yg gak penting itu, tp untuk yg mengerti makasih bgt, tp untuk yg gak ngerti jg maaf…”, Jika ada instansi atau personal yang merasa “terhina”, “terlecehkan”, “tercemarkan nama baiknya”, ada baiknya untuk berdamai, berjabat tangan, bukan mereka saling membutuhkan dan saling ketergantungan?, jangan grasak-grusuk di-polisikan.

  3. Bisa terjadi pada siapa saja, kasus ini baiknya menjadi pelajaran yang luar biasa bagi saya khususnya dan mudah-mudahan bagi anda-anda semua. Jangan sembarang dalam menulis, usahakan menulis status up-date dengan kata-kata yang baik, jika tidak bisa paling tidak jangan dengan kata-kata kotor atau berbau menghina.

  4. UU ITE pada dasarnya merupakan ‘rem’ pencegah terjadinya konflik, permusuhan, fitnah, dan pencemaran nama baik. Dari itu ada baiknya Undang-undang ini digunakan sebagai “senjata pamungkas”, jika mediasi dan cara-cara kekeluargaan sudah tidak bisa di tempuh lagi.

Twitter Lunmy

Agak susah memang bagi semua orang untuk membuka pintu maaf jika sudah merasa dilecehkan, dihina, atau dicemarkan nama baiknya. Namun orang yang terbaik adalah orang yang mampu melakukan hal itu. Ayolah, kepada pihak yang bertikai cepat-cepat mengakhiri semuanya. Gak usah dibawa ke meja hijau, kasian Polisi, kasian Jaksa dan Hakim harus mengurusi hal-hal seperti ini.(dni/cnj).

Referensi : OkeZone.com

4 thoughts on “Twitter, Luna Dan ITE

  1. riezkyoktorawaty says:

    nice post..

    yg pasti.. infotainment kan luas.. kok yg ribut org2 tertentu.. yang jelas2 menggangu privasi luna.. (yah.. walaupun lagi luna public figur..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s