Koin Keadilan Rp. 825 Juta

Prita M

Aksi solidaritas dan kepedulian terhadap kasus yang melilit saudari Prita dengan mengumpulkan koin, tadi malam resmi ditutup dan dihitung. Penutupan gerakan sosial ini dilakukan dengan melakukan “Konser Koin Untuk Keadilan’. Acara ini turut dimeriahkan oleh beberapa artis penyanyi dan group band seperti : Slank, Nidji, Ari Lasso, Gigi, Andra & The Backbone, Audy, Seringai,  Sherina, dan lain-lain.

Selain penutupan gerakan sosial, tadi malam juga dilakukan penghitungan secara total jumlah uang yang terkumpul dari gerakan ini. Angka yang fantastis pun didapat dari hasil pengumpulan koin-koin tersebut yaitu berjumlah Rp. 825 Juta. Jumlah Rp.825 juta tersebut merupakan total pengumpulan koin dalam berbagai bentuk. Hasil akhir yang dicatat secara rinci yaitu dari dua Posko Keadilan di Jakarta terkumpul koin Rp.612.998.550, sumbangan berupa uang kertas Rp.55 juta, uang yang dikirimkan melalui paket dari beberapa daerah Rp.37 juta, dan sumbangan dari mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris Rp.102 juta. Terakhir, sumbangan dari pengunjung Hard Rock Cafe Rp15.800.000 serta penjualan kaos Konser Koin untuk Keadilan “Free Prita!” Rp2.280.000.

Sedikit-sedikit Lama-lama Jadi Bukit

Kasus yang melilit Saudari Prita ini sangat fantastis dan menyedot banyak perhatian dari berbagai kalangan. Terlebih dulu ketika memasuki masa kampanye, banyak politisi yang cari muka dengan memberikan dukungan dan “katanya” simpatinya. Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kasus ini. Selain kita harus berhati-hati dalam melakukan ‘curhat’ atau menulis di internet (baik e-mail, blog, status di jejaring) satu hal yang sangat menarik adalah pengumpulan “koin keadilan”.

“Koin Keadilan” bagi saya merupakan salah satu indikasi bahwa ternyata bangsa kita, warga bangsa kita masih sangat peduli dan memiliki sifat empati terhadap orang lain dan penderitaan orang lain. Yang kata menurut beberapa orang (kalangan) sifat ini sudah hilang tergerus oleh sifat individualis.

Selain dari itu satu hal lagi yang sangat mencengangkan adalah jumlah koin yang terkumpul yang mencapai Rp. 825 juta. Saya ingat sebuah pepatah “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”, pepatah ini sangat nyata dan dapat kita saksikan dalam beberapa pekan belakangan ini dengan adanya pengumpulan “koin keadilan”.

Sebuah Momentum

Kasus yang melilit saudari Prita merupakan sebuah momentum aksi sosial yang nyata, gerakan yang tidak hanya mendukukng dengan kata atau hanya dengan tulisan namun merupakan sebuah gerakan nyata dengan mengumpulkan koin-koin.

Inilah sebuah momentum kebangkitan bangsa ini, ayo kita rapatkan barisan kita bangun bangsa ini. Bukan hanya dengan argumen yang NATO, mari berbuat sekecil apa pun. Rasanya saya sudah muak mendengar perdebatan yang berbusa-busa, saling menjatuhkan, saling menjelek-jelekan.

Bangsa ini mampu kog untuk bangkit, Bangsa ini sanggup kog untuk berdiri tegak, Bangsa ini masih memiliki masyarakat yang luar biasa. Harapan masih ada, yuk kita bangun bangsa ini dengan kebersamaan, masih ingat selogan “bersama kita bisa”???.(dni/cnj).

One thought on “Koin Keadilan Rp. 825 Juta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s