Penyakit Kronis Bangsa Ini

Bangsa ini bangsa yang kaya akan kergaman, bangsa yang memiliki kekayaan alam dan potensi sumber daya manusia yang luar biasa. Namun, hingga hari ini sepertinya semua potensi itu tinggal potensi seolah tidak berguna. Kemiskinan merupakan realita kehidupan, pengangguran merupakan fenomena yang sudah lazim.

Jika kita telisik dengan seksama dan dianalisa, sesungguhnya tak pantas bagi bangsa ini memiliki masyarakat/ warga negara miskin dan angka pengangguran yang tinggi mengingat besarnya potensi dan sumber daya yang ada.

Kemarin (Jum’at, 01 Muharram 1431 H), saya mendengarkan sedikit paparan dari da’i sejuta umat KH. Zainuddin MZ, salah satu tema yang beliau ambil adalah “hijrah” dalam paparan beliau ada beberapa hal yang saya garis bawahi. Yaitu tentang beberapa penyakit yang ada di masyarakat bangsa ini, yang secara langsung menyebabkan ketertinggalan bangsa kita dari bangsa-bangsa lain.

Dalam tulisan saya kali ini saya mencoba memaparakan penyakit-penyakit tersebut dari sudut pandang saya secara pribadi. Beberapa penyakit bangsa ini yang kronis adalah:

  1. Kudis (Kurang Disiplin), anda yang sering datang terlambat baik ke sekolah, ke kampus, ke tempat kerja, dan kemana saja yang sudah ada jadwal/ janji harus mengakui hal ini. Salah satu kelemahan bangsa ini adalah rendahnya disiplin. Bahkan sudah ada istilah yang mendarah daging dalam setiap individu masyarakat bangsa ini yaitu “jam karet”. Telat 5 menit tidak apa, Telat 1 jam sudah biasa. Mental seperti ini muncul dan dimulai dari sifat malas seseorang. Jika seseorang sudah memiliki sifat malas, maka dapat dipastikan bahwa dalam banyak hal dia tidak akan bisa disiplin.
  2. Kurap (Kurang Rapi), kesan pertama kita pada seseorang adalah apa yang kita lihat ketika pertama bersua tersebut. Kerapihan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menimbulkan kesan yang baik. Penampilan yang rapi bukanlah penampilan yang glamour atau serba lux, namun rapi adalah penampilan yang matching dan sesuai selain itu bersih. untuk pembahasan lebih lanjut silahkan klik disini. Selain rapi dalam penampilan, masyarakat bangsa kita juga sering tidak rapi dalam pekerjaan, bekerja asal-asalan, asal jadi.
  3. Kutil (Kurang Teliti), teliti satu hal yang yang sangat diperlukan dalam melakukan pekerjaaan, dan lawan dari teliti adalah teledor atau lalai. Kelalaian atau keteledoran sama halnya dengan kurang disiplin dan kurang rapi semua berpangkal dari malas.
  4. Kuman (Kurang Iman), Iman bukan hanya percaya atau meyakini. Namun iman lebih dari itu, iman adalah menghayati dan mengamalkan. Rasa dan sifat malas yang muncul hingga menyebabkan ketiga penyakit diatas karena kurangnya keimanan seseorang. Saya yakin jika seseorang memiliki keimanan yang baik maka sifat-sifat jelek atau penyakit-penyakit tersebut akan hilang dari diri seseorang.

Uraian diatas semoga bisa menjadi pembelajaran dan pengingat bagi penulis khususnya dan bagi anda pembaca sekalian. Semoga Bermanfaat.(dni/cnj).

One thought on “Penyakit Kronis Bangsa Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s