Feed Back

Ada pepatah, “siapa menanam dia akan memanen, siapa menanam padi maka ia pun akan memanen padi”. Itulah salah satu pelajaran yang saya dapat sejak kecil, dan masih tertanam baik didalam otak saya dan saya mencoba mengimplementasikannya dalam kehidupan.

Jika kita perhatikan pepatah diatas, maknanya sangatlah dalam. Bukan hanya sebuah ungkapan atau pepatah namun sebuah filosofi yang dalam. Dan inilah yang disebut dengan feed back atau umpan balik.  Apa yang kita perbuat, apa yang kita lakukan, hasilnya akan kita rasakan sendiri. Jika kita berbuat baik, maka kita pun akan mendapatkan hasil yang baik dan begitu juga sebaliknya, jika kita berbuat hal yang jelek maka hal jelek juga yang akan kita dapatkan.

Untuk contoh sederhana, jika anda memiliki hobby mendaki gunung atau camping ketika anda sampai ditempat yang agak tinggi cobalah berteriak sekeras mungkin, terserah mau teriak apa saja. Saya misalkan anda berteriak “Saya Hebat” maka anda akan mendengar juga suara yang sama dengan kalimat yang sama. Coba lagi kata lain “Saya Pengecut”, maka hal yang sama akan anda dapatkan. Inilah yang disebut gaung.

"Feed Back"

Gaung sesungguhnya merupakan timbal balik/ feed back dari yang kita ucapkan. Jika analogi tadi kita terapkan dalam kehidpuan kita, sesungguhnya hal ini sangat relevan. Sama halnya dengan pepatah diatas “apa yang kita tanam, itulah yang akan kita panen”.

Hidup adalah timbal-balik, hidup adalah pantulan, jika kita ingin dihargai orang lain, maka hargailah orang lain. Jika anda ingin dicintai maka belajarlah untuk mencintai, jika anda ingin jadi pribadi unggul maka tingkatkanlah kemampuan dan kompetensi anda.

Sebuah kehidupan tidak akan memberikan kita apapun jika kita tidak pernah berbuat, kehidupan hanya akan memberikan sesuatu dari apa yang telah kita perbuat. Hidup bukanlah sebuah kebetulan, namun sebuah rangkaian dari apa yang telah perbuat dan kehidupan kita adalah cerminan diri kita. (dni/cnj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s