Biar Jadi Bintang OL

On-Line (OL), saat ini sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan bagi banyak orang.  Sebuah studi yang dilakukan oleh Synovate untuk Microsoft menunjukkan, kaum muda Asia yang berusia 15-24 tahun menghabiskan rata-rata lima jam per hari untuk On-Line (OL) internet.

My Space & Facebook

On-Line, selain untuk menambah jaringan (teman) juga untuk mempererat tali silaturahmi yang sering tidak bisa terlaksana jika didunia nyata. Dengan berbagai alasan baik kesibukan maupun hal lainnya.

Bagi anda yang ingin selalu up-date dan menjadi bintang di dunia maya, berikut adalah tips bagi Anda pengguna aktif dunia maya, yang selalu ingin terkoneksi dengan jejaring sosial Anda agar menjadi bintang dalam pergaulan sosial on-line:

1. Bersikaplah selektif

Banyak sekali jejaring sosial di luar sana. Anda perlu mempelajari beberapa pilihan populer yang ada dalam web, seperti Facebook, Ning, Linkedln, Twitter, De.li.cious, Flickr, dan Picasa Web. Kemudian, tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan dari jejaring tersebut. Apakah menambah teman, mempromosikan hasil karya, atau mencurahkan berbagai gagasan? Jika jawabannya iya, mungkin Anda harus mempertimbangkan Windows Live home page, Facebook, My Space, atau Friendster.

2. Pandai-pandailah menampilkan profil

Tidak masalah memasang foto yang menarik dan menulis profil diri secara detail, namun jika identitas diri yang ada terlalu berlebihan, maka justru akan menarik para cyber-stalkers. Karena itu, buatlah pengaturan privasi secara baik.

3. Tetap aktif  itu penting

Pastikan bahwa Anda berhubungan dengan teman-teman secara rutin, misalnya ikut ambil dalam diskusi online, memperbaharui status Anda atau juga turut berpartisipasi dalam memberi pendapat dari waktu ke waktu. Satu lagi hal yang penting adalah, jangan pernah membanjiri teman-temanmu dengan link, pesan-pesan, komentar, dan konten. Takutnya Anda malah dicap sebagai spammer.

4. Have fun!

Berhubungan dalam jejaring sosial secara online sangat menyenangkan. Jadi buatlah segalanya menjadi sederhana. Menggunakan Windows Live untuk menggabungkan berbagai jejaring sosial yang Anda punya dalam satu waktu adalah pilihan yang baik. (dni/cnj).

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s