Upaya yang dilakukan oleh segenap masyarakat Desa Mandalamekar dalam melakukan program Reboisasi dan pemeliharaan hutan selain mendatang banyak manfaat bagi masyarakat Desa mandalamekar sendiri juga memberi imbas bagi warga-warga dari desa lain.

Kepala Desa Mandalamekar Yana Noviadi

Hal ini terbukti dari banyaknya kunjungan yang dilakukan oleh warga dari kampung dan desa lain untuk melakukan studi banding dan meminta tips dan trik dalam mengajak warga untuk berpartisipasi dalam setiap program yang dibuat oleh pemerintah desa. Selain mempererat tali silaturahmi hal ini juga tentunya akan menambah semangat masyarakat Mandalamekar untuk terus berbuat tanpa motif lain selain berkarya untuk pembangunan desa.

Memang benar, bahwa setiap niat baik tentu akan menghasilkan yang baik juga. Hal ini terbukti dengan diterimanya penghargaan oleh Desa Mandalamekar sebagai Desa Terbaik dalam Kategori Konservasi dan Pemeliharaan Hutan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kabupaten Tasikmalaya Bapak Tatang Farhanul Hakim di saat acara di Kecamatan Karang Nunggal.

Penghargaan ini didedikasikan atas upaya masyarakat Desa Mandalamekar yang telah serius melakukan penataan hutan mata air, penghijauan, dan pendidikan lingkungan hidup selama beberapa tahun terakhir. Kepala Desa Mandalamekar mengucapkan banyak terima kasih atas upaya masyarakat lewat kelompok Mitra Alam Munggaran yang secara sabar telah menghutankan beberapa blok mata air untuk menghidupkan kembali mata air di Desa Mandalamekar.(dni/cnj).

Advertisements