Trend Bunuh Diri

Dalam beberapa minggu ini salah satu berita yang cukup banyak dikabarkan di media massa selain kasus Bank Century, kasus Antasari Azhar dan berita kebakaran ada satu kabar yang membuat hati saya miris yaitu tingginya angka bunuh diri di berbagai daerah. Fenomena ini cenderung meningkat, hal ini bisa dikarenakan banyak faktor. Mulai dari tekanan hidup, masalah keluarga, financial, dan banyak hal lain yang mendorong terjadinya aksi tersebut.

Dari banyak aksi yang dilakukan, saat ini trend bunuh diri pun mulai mengalami ‘revolusi’ jiks dilihat dari cara melakukannya. ‘Trend’ yang sedang berkembang saat ini adalah dengan melakukan aksi bak Tarzan (meloncat) dari gedung-gedung bertingkat, baik Mall maupun tempat lain.

Hal ini menjadi menarik, sebab jika dulu bunuh diri dilakukan secara sembunyi-sembunyi saat ini dilakukan dengan cara terang-terangan di muka umum. Menurut para Psikolog di beberapa acara talk show, hal ini dikarenakan si yang punya niat bunuh diri berharap mendapat perhatian atas masalah yang sedang dihadapinya, atau juga mereka berharap mendapat solusi ditempst keramaian tersebut.

Bunuh diri menurut saya merupakan keinginan/ tindakan seseorang untuk mengakhiri hidupnya dengan cara-cara yang ia pilih sendiri dengan tujuan/ harapan bisa terlepas dari masalah atau beban yang sedang dihadapinya. Mengenai cara-cara yang seseorang pilih untuk mengakhiri hidupnya, saya memiliki beberapa catatan kecil.

  1. "Harakiri"

    Menusukkan Benda Tajam ke Arah Perut, cara bunuh diri ini di Jepang dikenal dengan ‘hara-kiri’. Cara ini merupakan cara bunuh diri yang konvensional, bagi orang Jepang zaman dulu melakukan ‘hara-kiri’ merupakan sebuah kehormatan bagi seorang ksatria.

  2. Potong Nadi

    Memotong Urat Nadi, bunuh diri dengan cara ini banyak dilakukan dilakukan pada tahun 90-an. Cara bunuh diri ini dianggap cukup efektif dari rangka mengakhiri hidup bagi ‘orang bodoh’ yang putus asa. Mereka biasanya memotong pergelangan tangan mereka dengan harapan darah mereka akan terkuras habis dan akhirnya mereka akan mati.

  3. Menggantung Diri, cara ini juga merupakan cara yang konvensional. Mereka menggantungkan seutas tali, lalu mereka naik dan mengikatkan tali tersebut ke leher mereka hingga mereka menggantung, harapan mereka tentu saja ingin cepat menemui kematian dengan kehabisan oksigen.
  4. Menenggak Racun/ Obat, kebanyakan orang bunuh diri dengan cara ini memilih racun serangga sebagai ‘penjemput’ kematian mereka. Racun serangga mereka anggap dapat mempercepat proses kematian mereka dengan cara menghentikan detak jantung dan mencemari aliran darah mereka. Bagi mereka yang melakukan bunuh diri dengan meminum obat-obatan, biasanya mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dengan harapan bisa OD/ Over Dosis.
  5. Membakar Diri, nah cara bunuh diri inilah cara mengakhiri hidup yang paling bodoh. Selain akan memakan waktu yang lama, juga sangat menyiksa. Memakan waktu yang lama karena tubuh kita terdiri dari air sehingga akan susah terbakar. Selain itu jika aksi ini gagal, maka si pelaku akan mengalami kecacatan yang permanen akibat luka bakar.
  6. Loncat Indah, cara inilah yang sedang nge-trend saat ini dilakukan untuk mengakhiri hidup. Jika dilihat dari tingkat keberhasilan, cara ini cukup efektif dan berhasil karena rata-rata mereka langsung mati di TKP. Meski ada yang lolos dari kematian tersebut.

Itulah beberapa catatan saya tentang cara-cara orang melakukan bunuh diri yang cukup menjadi trend. Bagi saya secara pribadi, mudah-mudahan anda juga setuju bahwa bahwa bunuh diri bukanlah cara yang baik dan juga bukan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Selain dosa besar bunuh diri juga merupakan tindakan bodoh dan menunjukkan betapa lemahnya mental orang tersebut.

Seandainya kita memiliki masalah yang berat, jangan putus asa/ bunuh diri. Hadapi saja, semua ada solusi dan ada jalan keluarnya. Ingat bahwa Tuhan tidak mencoba atau memberi cobaan/ ujian diluar kemampuan kita. (dni/ cnj).

2 thoughts on “Trend Bunuh Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s