Jangan Lakukan di Tempat Kerja

Stop.....!!!!

Jika sebelumnya saya menulis tentang beberapa hal yang mungkin kita lakukan agar kita disenangi ditempat kerja. Nah, saya pun menemukan beberapa sifat atau karakter yang sangat tidak disukai oleh kebanyakan orang di tempat kerjanya. Beberapa sifat ini sebaiknya jangan anda lakukan, antara lain :

  1. Arogan, sifat arogan merupakan sifat dimana merasa diri paling benar dan paling berkuasa. Orang lain semua tidak akan berdaya dan tidak memiliki competitive advantage jika dibandingkan dirinya. Orang lain semua nol (0), orang lain salah, pendapat orang lain itu salah, dan dia tidak mau menerima masukan atau saran dari orang lain. Sifat ini menduduki peringkat pertama sifat yang paling dibenci oleh rekan kerja.
  2. Ingin jadi trend-setter, image saya terhadap orang-orang seperti adalah mereka orang-orang ‘kampungan’. Biasanya mereka selalu berlebih-lebihan baik dalam penampilan maupun berbicara, pokoknya ‘harus aku yang jadi pusat perhatian disini’. Kalau sudah demikian biasanya ia akan cenderung over-acting.
  3. Plin-plan, inilah sikap orang yang tidak memiliki pendirian. Mereka biasanya mengandalkan mood mereka untuk bersikap, kalou mood sedang baik ya sikap mereka pun baik dan begitu pula sebaliknya. Jika saya telisik hal ini dikarenakan mereka/ orang dengan tipe ini belum bisa mengatur atau mengontrol emosi dan gejolak jiwa mereka. Jika ia seorang pimpinan biasanya sifat plin-plan ini dapat kita lihat dari peraturan yang ia buat sendiri dan ia yang melanggarnya sendiri.
  4. Curigaan, ada ungkapan ‘jangan lihat sesuatu hanya dari kulitnya saja’. Sifat curigaan ini selalu memandang atau menilai orang lain hanya dari tampilan luarnya saja. Orang dengan sifat ini cenderung susah untuk percaya kepada orang lain sehingga susah mendapatkan teman terlebih memperluas jaringan/ network-nya.
  5. Tidak percaya diri, sifat percaya diri sangat diperlukan dalam dunia kerja. Percaya diri bukan berarti arogan atau over, yang saya maksud disini adalah terlalu minder dalam bergaul. Ingat bahwa kita juga memiliki andil yang sama dalam membangun perusahaan, meski pun kita hanya karyawan kelas teri.
  6. Perfectionist, sifat yang tidak terlalu baik untuk bergaul dalam dunia kerja meski dalam beberapa hal sifat perfectionist ini diperlukan. Orang yang memiliki sifat ini cenderung akan menutup diri dari pergaulan di tempat kerja, ia akan sangat selektif dalam memilih teman di tempat kerja. Mencari teman yang satu ‘level’ dengannya.

Sejauh pengamatan saya enam sifat inilah yang sangat dibenci oleh rekan-rekan kerja kita, apakah diantara anda ada yang memiliki satu atau bahkan semua dari sifat tersebut??? Jika iya, segera rubah sikap dan sifat anda tersebut sebelum anda dihindari dan tidak disenangi oleh rekan-rekan anda. (dni/cnj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s